Friday 24 January 2014

Larvawear.com merupakan sebuah toko online yang menjual berbagai jenis pakaian muslim bagi pria atau yang biasa disebut baju koko dengan fashion masa kini. Dimas Setowardana (34) selaku owner dari Larvawear.com sudah menjalani bisnis di bidang ini sejak Tahun 2011. Dan Mediabisnisonline.com memiliki kesempatan untuk mewawancarai beliau. Berikut ini adalah hasil wawancara bersama dengan Dimas Setowardana:

Hai Pak Dimas, bisa diceritakan mengenai latar belakang pendidikan Bapak?

Latar belakang pendidikan saya adalah D3.

Lalu bagaimana awal Anda masuk ke dunia enterpreneur?

Saya sudah mulai menggeluti dunia enterpreneur sejak duduk di bangku sekolah. Karena pada dasarnya saya suka dagang dan saya juga merasa disanalah passion saya berada. Karena menurut saya, kita memang seharusnya melakukan apa yang kita sukai terlebih dahulu. Dan passion itu yang membawa saya menjadi seperti sekarang ini.

Pengorbanan terbesar apa yang pernah Anda lakukan selama menjadi seorang enterpreneur?

Pengorbanan menurut saya sendiri yaitu memaknai jika setiap pekerjaan tentu ada suka dan dukanya. Bagi saya sukanya dalam menjalani bisnis ini sendiri sangat banyak dan saat ini saya memandang setiap duka menjadi sebuah pelajaran yang paling berharga di sepanjang perjalanan saya di dunia enterpreneur ini.

Bisa diceritakan tentang awal pendirian bisnis ini, idenya dari mana dan sudah sejak kapan?

Jika bicara ide bisnis, saya melihat dari perkembangan dunia fashion saat ini. Kebetulan untuk Larva sendiri mengambil tema baju koko fashion dan jeans. Tapi untuk sekarang kami masih fokus kepada jenis produk baju koko.

Kebetulan saya memiliki banyak bisnis, dan untuk Larva ini sudah berdiri sejak tahun 2011. Dan salah satu latar belakangnya juga karena dulunya saya pernah menjadi icon fashion pakaian koko. Jadi sekarang saya sendiri ingin membuka usaha yang tidak jauh – jauh dari apa yang saya sukai dan saya geluti dulu.

Jika dilihat dari produk sendiri, usaha Bapak ini sudah memproduksi sendiri atau masih mengambil barang dari produsen?

Nah, kebetulan produk baju koko di toko saya ini sudah memproduksi sendiri. Untuk bahan bakunnya saya import dari dalam dan luar. Karena kami ingin memberikan kualitas yang terbaik untuk para konsumen. Jika dirasa bahan dari dalam negeri mampu memberikan kualitas terbaik, kenapa tidak. Disini Larva ingin mendukung perkembangan UKM di Indonesia dengan lebih mengutamakan penggunaan bahan baku dari dalam negeri.

Untuk desain sendiri, kebetulan yang mengerjakan adalah istri saya. Kami memang bekerjasama dalam mendirikan dan mengembangkan usaha ini. Bisnis ini juga mengikutsertakan keluarga saya. Kami disini memberlakukan sikap profesionalitas dalam mengembangkan usaha ini.

Kalau boleh tau nih Pak Dimas, Larva sendiri kan sudah memiliki sebuah toko offline. Nah, lebih dulu mana pendirian toko offline atau toko online larvawear.com?

Larva memang awalnya sudah memiliki toko offline, karena pada saat mendirikannya saya memiliki konsep butik. Untuk toko online itu merupakan salah satu usaha untuk memperluas pasar dari Larva. Dan di sini bukan hanya menjual baju di butik Larva sendiri. Kami disini juga memberikan kesempatan kepada konsumen yang ingin menjadi reseller dan membeli produk kami dalam kapasitas yang besar.

Ide ini muncul karena saya mendukung perkembangan UKM di Indonesia. Mereka yang menjadi reseller di tempat saya akan mendapatkan keuntungan, salah satunya yaitu apabila mereka memesan baju koko dalam jumlah yang banyak, mereka bisa memesan dengan model baju yang berbeda namun bisa dengan ukuran yang sama, dan hal itu dalam sekali pesan. Dan ketika mereka menjualnya, mereka akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain dengan konsep serupa adalah dari segi produk, kemasan dan pengiriman. Untuk produk baju koko sendiri memang sudah banyak beredar dipasaran. Namun saya menciptakan baju koko fashion yang sudah pasti berbeda dan tidak ketinggalan zaman. Saya juga ingin memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap pelanggan saya, salah satunya yaitu melalui packaging produk dan pengiriman yang sudah pasti baik dan aman.

Prestasi terbaik apa yang pernah diraih selama menjalani bisnis ini?

Buat saya prestasi terbaik yang saya dapatkan adalah kepuasan pelanggan. Ketika saya memberikan yang terbaik untuk pelanggan saya, mereka akan merasa senang dan puas, dan tentunya akan kembali membeli produk saya. Itulah menurut saya yang menjadi prestasi terbaik saya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang?

Jika melihat ruang lingkup market yang sekarang pastinya sangat luas. Akan ada banyak perkembangan dan tentu saja pesaing di bisnis ini. Bisnis saya memiliki toko offline di kawasan Tanah Abang Jakarta. Kawasan tersebut sudah dikenal sebagai sentra grosir terbesar di Indonesia, bahkan di kawasan Asia Tenggara. Untuk pesaing di dunia fashion sendiri, saya sadar sangat banyak disini. Namun saya yakin bisnis di dunia fashion ini akan terus berkemban, begitupula dengan Larva.

Untuk rencana kedepannya apa yang ingin Bapak lakukan?

Saya ingin membuka toko offline di berbagai mall di Jakarta dan dikawasan lainnya. Karena saat ini toko offline saya masih di kawasan Tanah Abang, dan saya ingin mengembangkan ini menjadi retail di mall – mall.

Siapa tokoh yang menurut Anda sangat memotivasi Anda dalam membangun dan mengembangkan usaha ini?

Menurut saya yang paling memotivasi adalah sahabat – sahabat saya. Kebetulan juga sahabat saya sudah banyak yang terlebih dulu menjadi seorang enterpreneur. Dan saya sangat senang mendapatkan banyak dukungan dari mereka.

Saran terbaik apa yang Anda berikan untuk pengusaha lainnya?

Saran saya untuk para enterpreneur atau calon enterpreneur adalah action dulu. Karena bila kita tidak bertindak, kita tidak akan tahu kita berhasil atau tidak. Dan jika semua hanya sebatas perencaan, maka kita tidak akan bisa berkembang. Jadi sebaiknya bila ingin melakukan sesuatu sebaiknya jangan hanya direncanakan, tapi juga dikerjakan.

Wah, terima kasih banyak untuk Bapak Dimas yang sudah mau berbagi cerita bersama kami. Semoga Larvawear.com selalu dan terus sukses ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Kisah Dimas Setowardana Mengembangkan Butik Fashion Larvawear.com dan Mendukung UKM di Indonesia



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment