Friday 10 January 2014

Hampir setiap hari ada pengunjung blog carabisnisonline.net bertanya tentang bagaimana memulai bisnis online, bagaimana sebuah blog gratis bisa menghasilkan uang, dsb. Wajar sebenarnya kalau pertanyaan seperti diatas yang sering mereka ajukan kepada saya, mengingat blog ini memang dimaksudkan untuk menjadi panduan bagi pemula yang ingin bisa mendapatkan penghasilan online dengan modal kecil.

Karena itu artikel ini akan singkat saja dan dikhususkan untuk memberi masukan untuk pemula yang mau membangun bisnis online sebagai cara mendapatkan penghasilan uang dari internet terus-menerus.

Sebenarnya tidak harus dipusingkan kalau anda mau mencoba berbisnis online, yang perlu anda lakukan adalah mulai saja, dan memulainya tidak sulit dan tidak butuh persyaratan macam-macam.

Berikut ini yang perlu anda lakukan kalau mau bisnis online.

1. Membuat blog gratis dan belajar mengelolanya dengan benar.

Setiap orang yang bertanya tentang bagaimana sebaiknya memulai bisnis di internet selalu saya sarankan agar memulai dengan membuat blog gratis. Mengapa blog gratis ?, karena membuat blog gratis mudah, tidak butuh biaya bulanan, dan blog anda akan online nyaris selamanya.

Ada 2 flatform blog yang bisa anda buat dan gratis, yaitu: blog blogspot dan blog wordpress.com.

Yang mana harus anda pilih diantara 2 buah flatform blog tersebut ?. Kalau anda mau menjadikan blog lebih anda, maka blog blogspot pilihan yang tepat. Mengubah desain blogspot mudah, mengelolanya juga tidak sulit.

Meskipun sama-sama gratis, blog wordpress.com tidak bisa anda ubah tampilan templatenya, kecuali anda benar-benar programer canggih.

Setelah anda membuat blog, anda harus mengisi blog anda terus menerus dan merawatnya agar lebih disukai mesin pencari (google, yahoo, bing).

Mengisi dan merawat blog mungkin nampak membebankan anda. Anda yang terbiasa berpikir serba instan mungkin akan menjadi kurang bersemangat memulai bisnis online, mengingat bisnis online menuntut anda harus membuat blog dan mengelolanya pula.  Okelah kalau anda banyak uang, anda bisa gaji orang untuk mengelola blog anda.

Untuk anda yang tidak mampu membayar orang, tidak pula mau dipusingkan dengan membuat dan mengelola blog mungkin lebih baik anda bisnis online memanfaatkan blog atau website orang lain. Tetapi kalau anda berbisnis di internet menggunakan blog/website orang, anda tidak akan pernah menjadi pebisnis online sukses.

Jadi kalau anda mau serius berbisnis online atau membangun bisnis di dunia maya, membuat blog atau website adalah pilihan strategis yang harus anda lakukan.

Selengkapnya tentang membuat dan merawat blog silahkan anda klik "cara mudah membuat blog dan bagaimana merawatnya".

2. Pilihan lebih baik dan strategis adalah website bayar bulanan (self hosting).

Blog blogspot dan blog wordpress.com memang pilihan menarik karena gratis, namun untuk jangka panjang dan agar bisnis anda lebih terlihat professional jauh lebih baik membuat website bayar bulanan. Anda juga sebaiknya secepat mungkin membeli nama domain yang tepat untuk website tersebut, karena nama domain sangat menentukan kesuksesan bisnis anda kelak.

Ada sangat banyak kelebihan website bayar bulanan wordpress.org (self hosting) ketimbang blog gratis blogspot dan wordpress.com. Lebih lengkap tentang kelebihan dan kekurangan blog blogspot dan wordpress.org silahkan klik kelebihan dan kekurangan blog blogspot dibandingkan blog wordpress.org.

3. Tekuni dan bersabarlah menunggu hasil.

Kebanyakan orang awam tertarik ingin berbisnis online karena iming-iming penghasilan besar dengan modal kecil dan bisa dilakukan dengan santai.

Ini kesalahan persepsi yang berpotensi membuat anda kecewa, setelah menemui fakta bahwa ternyata tidak semudah yang dibayangkan orang.

Anda akan disibukkan dengan aktifitas menulis, mempromosikan bisnis melalui website anda, dan melakukan perawatan terhadap blog atau website anda terus-menerus.

Tetapi setelah anda tekuni dan melakukannya terus-menerus dengan benar dan terarah kelak Penghasilan besarpun bisa anda raih, dan pasti rasa capek selama ini akan sirna.

Penting juga untuk membuat tujuan lain selain untuk mencari uang, agar kelak jika uang yang anda dapatkan tidak seberapa, ada kesuksesan lain yang anda raih.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Cara Bisnis Online, Cara membuat blog, pemasaran online

Baca selengkapnya di --> Bagaimana sebaiknya memulai membangun bisnis online agar sukses



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment