Saturday 18 January 2014

Kegemaran masyarakat terhadap dunia sepak bola saat ini sangatlah tinggi. Hal ini membuat banyak orang yang memburu berbagai accesories seputar sepak bola. Salah satunya yaitu penggunaan jersey atau baju bola. Nah, peluang inilah yang dilihat dan diminati oleh pemilik Jerseybolamurah. Berikut ini adalah kisahnya :

Hai Mas Bondan, bisa diceritakan sedikit mengenai latar belakang usaha anda ini?

Awal masuk ke dunia entrepreneur sudah dimulai sejak SMA, waktu itu secara iseng saya membuat kaos dan jacket dengan design sendiri lewat sistem preorder. Lalu ditawarkan kepada teman – teman sekolah, les, dan saudara – saudara. Dari sini responnya cukup baik mengenai service dan produk yang saya berikan. Dari saat inilah menjadi titik awal untuk memulai bisnis – bisnis saya lainnya.

Kalau boleh tahu, latar belakang pendidikan Mas Bondan sendiri apa ya?

Saya lulusan Ekonomi Manajemen Universitas Indonesia.

Wah keren sekali mas, lalu menurut Mas Bondan sendiri apa pengorbanan terbesar yang sudah Mas Bondan lakukan untuk usaha ini?

Menurut saya pengorbanan terbesar saya adalah waktu, dimana di usia saya yang saat itu masih kuliah berbeda dengan anak – anak lainnya yang pada umumnya membagi waktu sebagian besar untuk kuliah, organisasi kampus, dan kehidupan sosial. sementara saya selain membagi waktu untuk 3 hal tersebut, diwajibkan juga untuk membagi waktu untuk bisnis yang saya jalankan.

Lalu bisa diceritakan, tentang bisnis anda ini, jenis produk apa yang ditawarkan, ide awal pendiriannya dari mana dan bagaimana Mas Bondan memulainya?

Ide awal pendirian bisnis ini adalah minat saya di bidang olahraga dan fashion. saya berpikir bagaimana menyatukan kedua minat saya tersebut. dan pilihan saya jatuhkan kepada baju – baju olahraga, karena lewat baju – baju olahraga poin fashion dan sport dapat dijadikan satu. kebetulan saat itu akan diadakan piala dunia sepakbola tahun 2010, oleh sebab itu saya melihat peluang dalam penjualan baju – baju/jersey – jersey sepak bola. Jenis produk yang saya tawarkan mayoritas berkualitas impor. seperti saat SMA, saya memulai bisnis ini dengan sistem preorder tidak dengan sistem ready stock karena saya sendiri sama sekali tidak memiliki modal uang pada saat itu.

Untuk bisnis Mas Bondan, apa yang membedakan dari bisnis jersey milik Mas Bondan dengan bisnis yang memiliki konsep serupa?

Saat ini jerseybolamurah menjual banyak sekali variasi produk tidak terbatas di baju – baju/jersey sepak bola saja. Seperti ada juga lainnya, yaitu Sepatu Futsal, Polo Shirt, dan aksesoris – aksesoris seperti Gantungan Kunci, Action Figure, Casing Iphone, Tas, Syal, dan masih banyak lagi. Kesemua produk tersebut tetap pada komitmen awal saya membuat bisnis yakni bertema olahraga. Jerseybolamurah juga memiliki team yang aktif menjawab pertanyaan dan melayani order customer dalam office hour dari jam 8 pagi – 8 malam lewat berbagai macam media seperti : Facebook, Twitter, BBM, SMS, Whatsapp, Line, YM, dan kakaotalk sehingga makin mendekatkan dan memudahkan customer untuk berinteraksi dengan kami.

Bagi Mas Bondan sendiri, tantangan dan kendala apa yang pernah dihadapi dan bagaimana Mas Bondan mengatasinya?

Salah satu tantangan yang saat ini dihadapi oleh jerseybolamurah semakin banyaknya pemain – pemain baru dalam market. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan tetap memberikan produk dan service yang terbaik kepada para customer serta membangun competitive advantage yang sukar dimiliki oleh kompetitor, serta dengan mempertahankan market yang sekarang dan berekspansi ke market yang selama ini belum dimasuki.

Untuk Jerseybolamurah sendiri, rencana besar apa kedepannya yang akan dilakukan untuk mengembangkan bisnisnya?

Rencana ke depan dari jerseybolamurah dalam waktu dekat ini adalah membuka store di kota2 besar indonesia. saat ini kami sudah memiliki 2 store di jakarta dan bekasi, dan dalam waktu dekat akan  membuka store ke 3 di serang, banten.

Menurut Mas Bondan, siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda atau Quote apa yang paling berkesan bagi perjalanan Mas Bondan sebagai enterpreneur?

Tokoh yang paling menginspirasi saya adalah chaerul tanjung pemilik CT Corp, bagaimana dia dari seorang yang nothing menjadi seorang yang something bahkan everything. Dia memulai kehidupan bisnisnya dari bawah sekali sampai dijuluki anak singkong, dan bagaimana keluarganya terutama ibunya sangat menginspirasi dia dan dia sangat ingin bercita – cita untuk membawa keluarganya mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Untuk yang terakhir nih Mas Bondan, saran terbaik apa yang bisa anda berikan seputar dunia enterpreneur bagi pembaca?

"Business is all about how to play your relationship with your supplier and customer". Jika dalam bisnis mampu memainkan hubungan kita dengan para supplier dan customer dengan baik, bisnis kita pasti akan sukses. Jangan mudah menyerah jatuh bangun dalam dunia bisnis itu biasa, jangan takut berbeda dengan yang lain, percaya jika kita berusaha dan berdoa dengan sungguh – sungguh apa yang menjadi harapan dan target dalam hidup atau bisnis kita pasti akan tercapai.

Terimakasih Mas Bondan untuk kesempatannya kami wawancarai. Semoga Jerseybolamurah selalu dan akan terus sukses :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Mohammad Bonda, Founder @jerseybolamurah : Bisnis itu Harus Mampu Memainkan Hubungan dengan Supplier dan Customer



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment