Thursday 16 January 2014

Agaethabeauty.com merupakan salah satu toko online yang khusus menjual produk – produk kecantikan. Lahir dari tangan Ibu Christine Herawati (30), Agaethabeauty.com sudah berdiri sejak tahun 2009. Bermula dari sebuah kedai, Ibu Christine merintis dan memulai bisnis online ini.  Berikut ini adalah wawancara singkat dengan Ibu Christine Herawati.

Hai Ibu Christine, Bisa diceritakan tentang latar belakang pendidikan Anda?

Saya merupakan seorang sarjana Ekonomi Akuntansi, di Universitas Bandar Lampung.

Lalu bisa diceritakan sedikit tentang bagaimana anda masuk ke dunia enterpreneur dan memulai usaha ini? Apa saja pengorbanan terbesar yang anda lakukan untuk usaha ini?

Saya mulai masuk ke dunia enterpreneur sejak tahun 2006. Saat itu saya memulai dengan membukan sebuah kedai. Hingga dilanjutkan pada tahun 2009, saya menjadi seorang enterpreneur online. Untuk pengorbanan yang saya lakukan, mungkin dari sebuah kesabaran dalam merintis, karena pada mulanya mendirikan usaha ini, itu tidak mudah.

Untuk ide bisnis Agaethabeauty.com sendiri Anda dapatkan darimana? Dan produk apa saja yang Anda tawarkan? Bisa diceritakan sedikit mengenai bisnis Anda ini?

Saya menjual produk-produk kecantikan import dari Jepang sejak Tahun 2009. Sejak semula memang saya tipe orang yang tidak bisa diam saja hanya sebagai seorang ibu rumah tangga. Sejak muda saya sudah terbiasa bekerja, namun harus berhenti ketika hamil anak pertama dan keguguran karena terlalu lelah. Kemudian vakum di rumah sampai hamil lagi dan melahirkan. Setelah usia anak saya 6 bulan saya merintis usaha dengan membuka sebuah kedai. Berjalan mulai 2006 hingga Tahun 2011. 2009 saya mulai merintis pekerjaan yang lebih fleksibel secara waktu. Saya mendapatkan ide jual online dari saudara saat pertemuan keluarga. Bagaimanapun saya juga seorang ibu, ada dilema tersendiri ketika anak saya menghabiskan waktu seharian di kedai. Pada Tahun 2009 saya mulai jualan online. Awalnya tdk mudah dari segi kepercayaan konsumen dimana jual belinya hanya di dunia maya. 2 tahun kemudian saya sudah merasa cukup mantap untuk menapakkan kaki saya pada pekerjaan ini dan kedai saya tutup.

Lalu sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain dengan konsep yang serupa?

keaslian dan kwalitas produk. Banyak produk – produk kecantikan yang dijual di pasar online dengan bahasa iklan menarik, tapi produknya tidak sesuai. Dipasarkan dengan berbagai trik marketing, tapi keaslian asal usul produknya pun tidak jelas. Saya tidak suka dengan cara demikian karena bisnis yg saya impikan adalah yang bisa berjangka waktu lama. Jadi produk yang saya jual made in Japan, ya pasti Japan benar, bukan Japan Japanan.

Selama menjalani sebuah bisnis, pengalaman apa yang paling berkesan?

Dari segi pengalaman, ketika menghadapi customer dengan segala keunikannya. Saya sangat senang bukan main ketika mendapat testimonial dari pelanggan. Merasa lucu juga saat menghadapi orang yang "lugu" dalam jual beli online.

Bagaimana anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis anda mengubahnya (jika perlu)? 

Pangsa pasar untuk dunia maya ini tidak terbatas menurut saya. Bukan hanya dari indonesia saja bahkan bisa dari luar negeri. Jadi kesempatan akan sangat mudah ketika memilih media online untuk merintis bisnis.

Lalu tantangan dan kendala apa saja yang pernah anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Untuk tantangan, bagi saya yaitu ketika menghadapi kurs mata uang yg makin merosot nilainya. Efeknya harga produk banyak yang naik. Mau tidak mau untuk harga produk juga harus naik.

Untuk Ibu Christine, rencana ke depan apa yang akan Ibu lakukan untuk mengembangkan bisnis?

Saya mempunyai impian untuk membuka toko online lagi. Tapi kali ini dibidang yang berbeda, yaitu seperti fashion atau bag.

Siapa tokoh yang jadi motivasi Anda dan  apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai seorang enterpreneur?

Bagi saya tokoh yang menjadi motivasi adalah Anne avantie. Selain sebagai designer hebat, beliau juga perpanjangan tangan Tuhan untuk penderita hydrocephalus. Beliau juga memberikan keterampilan kewirausahaan.

Untuk yang terkahir nih Bu Chistine, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Saran yang dapat saya berikan adalah di saat kita bekerja jangan pelit untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain. Karena semakin kita berbagi, maka akan semakin banyak teman, semakin banyak peluang, dan semakin banyak lagi kesuksesan yang akan kita raih :)

Terima kasih untuk wawancara singkatnya Ibu Christine. Semoga Agaethabeauty.com semakin dan selalu sukses :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Wawancara Singkat Bersama Ibu Christine Herawati, Owner Agaethabeauty.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment