Sunday 15 June 2014

gb j
Beberapa jam belajar di kelas memang menguras banyak energy. Apalagi bila hari beranjak siang. Rasa panas, haus dan lapar mulai menyerang. Maunya jajan yang seger-seger dan bikin kenyang….
Jajan memang tidak dilarang masalahnya, banyak anak-anak sekolah yang kurang selektif dalm memilih jajanan. Banyak penyakit yang bisa timbul gara-gara salah makan jajanan, misalnya diare, mual dan muntah hingga penyakit berat seperti kanker. Jadi, sebisa mungkin pilihlah jajanan yang sehat.
jajan sehat
Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih jajanan :
1. Memilih minuman
Saat ini banyak tersedia minuman siap saji, baik yang berbentuk serbuk maupun yang sudah siap minum. Semua minumantersebut diiklankan dengan sangat fantastis. Masalahnya, berbagai minuman dalam kemasan itu biasanya mengandung zat-zat kimia yang kurang baik bagi kesehatan. Misalnya pengawet, pewarna dan pemberi rasa dan aroma sintetis. Zat-zat tersebut bersifat karsinogenik. Bila terlalu sering dikonsumsi, bisa menimbulkan penyakit kanker. Demikian pula minuman bersoda, sebaiknya dihindari karena juga kurang baik bagi kesehatan.
Sebaiknya kamu memilih minuman yang lebih alami, daripada minuman siap saji. Di antaranya :
• Teh hangat atau es teh
• Jeruk hangat atau es jeruk
• Jus buah
• Es buah atau sup buah
• Es dawet gula jawa juga bisa dijadikan pilihan asal terjaga kebersihannya.
2. Memilih makanan ringan
Hindarilah snack snack dalam kemasan (biasa disebut chiki) yang sangat banyak mengandung MSG. jika ingin cemilan ringan, kamu bisa memilih roti kering, ceriping ketela atau kacang garing.
3. Memilih makanan berat
Makanan berat yang biasanya akrab dengan anak sekolah adalah soto, bakso, mie ayam dan lain lain.semua jenis makanan itu sering menggunakan MSG yang cukup banyak, agar terasa lebih nikmat di lidah. Lebih baik, makanlah nasi dan sayur serta lauknya, agar lebih sehat dan berkalori. Jika di dekat sekolahmu tak ada warteg atau warung makan, kamu sebaiknya membawa bekal dari rumah. Itu akan lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.
4. Memilih gorengan
Gorengan adalah jajanan favorit bagi kalangan tua maupun muda. Untuk gorengan, janagn makan terlalu banyak, dan pilihlah gorengan yang masih baru atau fresh. Hindari gorengan yang sudah digoreng dua kali. Di antara penjual kadang menggoreng kembali gorengan yang tersisa untuk dijual lagi keesokan harinya. Hindari pula gorengan yang terlalu banyak menyerap minyak. Terlalu banyak makan gorengan dan sedikit minum bisa menyebabkan radang tenggorokan.
5. Lihatlah Komposisinya
Untuk makanan dengan kemasan, biasanya tertera komposisi bahan makanannya. Pastikan produk sudah terdaftar dan memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan, terlebih pada produk impor. Cermati itu pada label kemasan. Telitilah membaca dan jadilah konsumen cerdas.

6. Jajan buah, lebih sehat
Bia di antara pedagang ada yang menjajakan buah segar, kamu jangan ragu untuk membelinya. Pilihlah buah yang tampak segar dan bersih. Buah buahan sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.
7. Amati Warna Makanan
Jangan memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan warna yang mencolok dan jauh berbeda dari warna asli pada umumnya. Zat pewarna yang tidak aman kerap ditemui pada jajanan seperti kerupuk, es krim atau snack lainnya. Amatilah warna makanan untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya dari pewarna yang tidak aman.
8. Perhatikan Teksturnya
Kesegaran makanan bisa dilihat dari teksturnya. Banyaknya jajanan di pasar membuat Anda harus cermat memilih. Jika warnanya sudah berubah, terlebih berjamur, maka produk tersebut sudah kadaluarsa. Sehingga tidak layak konsumsi.
9. Perhatikan kebersihannya
Biasanya di sekolah, anak-anak akan memilih jajanan yang dijajakan di pinggir jalan atau dekat sekolah. Sebaiknya pilihlah jajanan yang bersih, tidak dihinggap lalat, yang penjualnya menjaga kebersihan diri, dan kemasan makanannya aman.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : TIPS JAJAN SEHAT

Baca selengkapnya di --> TIPS JAJAN SEHAT



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment