Sunday 16 February 2014

Desainer dan sales atau marketing memang sangat berbeda. Memiliki arti, fungsi dan cara kerja yang berbeda, namun masih tetap memiliki satu tujuan yaitu mencapai sebuah target penjualan dalam suatu bisnis atau usaha. Bagaimana kedua perbedaan ini dapat menjadi satu hal yang mampu bekerjasama dengan baik? Berikut ini adalah 5 tips sukses agar desainer dapat bekerjasama dengan seorang marketing:

Soal 1: Perbedaan peran dan tekanan

Peran Desainer:

Menciptakan suatu pengalaman dari sebuah tujuan pemasaran yang divisualisasikan adalah tujuan dan peran dari seorang desainer. Seorang desainer bukan hanya harus peka dalam membaca maksud dari tujuan pemasaran suatu produk, tetapi juga harus melakukan riset atau pengamatan agar desain yang dibuat bukan hanya sekedar indah tetapi mampu menciptakan pengalaman pelanggan. Desainer harus selalu fokus pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.

Peran Marketing:

Ketika seorang desainer harus mampu memvisualisasikan suatu produk, maka peran seorang marketing adalah mampu menyampaikan serta secara halus mengajak pelanggan untuk mampu membeli produk kita. Marketing harus mampu juga membaca apa yang divisualisasikan oleh seorang desainer dengan menggunakan bahasa marketing yang mudah dan tentu saja halus untuk dipahami.

Soal 2: Argumentasi atas amandemen

1. Fokus pada konsumen

Daripada memikirkan desain dan bagaimana pemasaran yang akan dilakukan, kedua departemen yang berbeda ini harus difokuskan pada satu pemahaman konsumen yang ingin mereka targetkan. Ketika mereka hanya berusaha mencari cara terbaik masing masing dalam menjual produk, lebih baik mereka fokus pada satu yaitu keinginan dan kebutuhan konsumen. Ada sebuah nilai penting dari apa harus mereka lakukan untuk mencapai target penjualan, yaitu sebuah kedisplinan dalam membuat dan menciptakan kesan baik secara visual maupun secara perkataan.

2. Menumbangkan hirarki

Seorang desainer dan seorang sales atau marketer memang merupakan dua buah pekerjaan yang berbeda. Yang satu lebih fokus bagaimana menciptakan suatu ilustrasi iklan yang menarik, dan yang satu harus mampu menyampaikan maksud dan penggambaran dari ilustrasi tersebut. Namun, untuk mencapai sebuah tujuan yang sama, hendaknya untuk desainer dan sales tidak lagi menghadap kearah mereka masing masing. Mereka harus berhadapan ke satu arah yang menjadi satu tujuan mereka. Keduanya harus saling bekerjasama dan menghormati profesi dan jabatan masing – masing. Karena memang keduanya tidak dapat berdiri sendiri.

3. Bawa desainer dalam diskusi bersama klien

Untuk hubungan bersama klien, biasanya sales atau marketing memegang peranan yang sangat penting untuk proses promosi dan penjualan. Sales juga harus mampu mendengarkan apa yang diinginkan oleh klien. Namun, jika seorang sales ingin lebih mudah memahami apa yang diinginkan oleh klien, tidak ada salahnya ketika sales mengajak serta seorang desainer untuk berdiskusi bersama klien. Jika sales bisa menggambarkan keinginan klien dengan bahasa penjualan, maka desainer bisa menggambarkan keinginan dan kebutuhan klien dengan teknik desain mereka. Keduanya bisa menjadi satu kesatuan dalam sebuah diskusi bersama dengan klien.

4. Buat proses yang teratur

Sebuah proses dari mendesain kebutuhan klien, hingga memasarkannya ke klien haruslah dibuat secara teratur. Dari sebuah diskusi, perencanaan, sketching, pembuatan desain, revisi, hingga pemasaran. Desainer dan sales harus berdiskusi bagaimana prosedur dalam membuat desain dan dalam proses pemasarannya. Anda bisa membuat sebuah jurnal untuk bisa terus saling mengingatkan tentang proses yang sedang dikerjakan. Ketika proses yang dibuat sudah teratur dan rapi, maka ketika mengerjakanpun akan mudah dan lancar.

5. Mengakui perbedaan Anda

Keduanya memang berbeda, seorang desainer memang bertugas menjadikan kebutuhan dan keinginan dari klien menjadi sebuah objek visual yang sesuai. Begitu pula dengan seorang sales yang memang bertugas menjelaskan keinginan dan kebutuhan klien kepada desainer. Keduanya jelas memiliki bentuk, fungsi dan cara kerja yang berbeda. Keduanya memang harus saling bekerjasama dengan baik. Namun, ini tidak berarti jika keduanya harus menjadi sama dalam satu waktu. Sales dan desainer memiliki perbedaan, dan cobalah untuk mengakui perbedaan itu, dengan begitu keduanya akan saling menghargai dan menghormati profesi dan kerja masing – masing.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 5 Tips Sukses Desainer Bekerjasama dengan Marketing



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment