Friday 21 February 2014

Mailbird pada dasarnya merupakan software email client untuk Windows. Tetapi ada beberapa hal yang membuatnya berbeda dari email client yang biasa kita gunakan.

Pertama, Mailbird dibuat dan dikembangkan di Indonesia. Team pengembangannya berbasis di Bali dan Bandung, bahkan nomor telepon kontak Mailbird adalah nomor Indonesia.

Kedua, proses memasukkan akun di Mailbird berlangsung dengan sangat mudah dan otomatis, apalagi jika menggunakan layanan email seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook.

Yang ketiga, memiliki dukungan aplikasi yang bisa diaktifkan dengan mudah. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk terhubung dengan layanan terkait secara langsung melalui dashboard Mailbird. User interface Mailbird juga terbilang modern dengan desain yang terkesan fluid.

 

Untuk kelengkapan fiturnya hampir sama dengan software email client lainnya, yaitu adanya fitur pencarian email, compose, quick reply, wysiwyg editor, dsb. Fitur pencariannya terbilang cepat untuk menemukan email, dari sekitar 9000 inbox dan hasilnya langsung keluar dalam hitungan detik. Editor Wysiwyg juga lebih cantik dan rapi daripada email client lain. Namun meskipun begitu Mailbird bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Tidak seperti Mail App Windows yang otomatis hanya mendownload email terbaru 2 minggu sebelumnya dan bisa diatur kemudian, Mailbird langsung mendownload semua email saat pertama kali memasukkan akun email baru. Hal ini tidak menjadi masalah bagi pengguna dengan kuota internet besar atau unlimited, tetapi bagi yang kuotanya terbatas hal ini mungkin menjadi sebuah masalah tersendiri.

Selain itu pengguna terkadang mendapati crash di aplikasi Mailbird saat melakukan sinkronisasi (download) email. Setelah diperiksa, ternyata penggunaan memory Mailbird memang tidak sedikit. MailBird menggunakan resource yang cukup besar hingga mendekati 350 MB meskipun dalam kondisi idle. Bandingkan dengan Mail App Windows yang hanya menggunakan resource setengahnya saja. Tetapi secara keseluruhan fitur dan kemudahan, Mailbird memang terbilang cukup baik dari email client kebanyakan.

Mailbird terdiri dari beberapa versi, antara lain versi Lite yang bisa digunakan secara gratis (disertai ads dan maksimal hanya 3 akun email), versi Pro ($12 per tahun dengan tambahan fitur pro), dan versi Bisnis ($9/user per tahun dengan fitur sama seperti versi Pro tetapi bisa multi user). Namun untuk pengguna rumahan dan pengguna kebanyakan, fitur di Mailbird Lite (gratis) sudah bisa dibilang lebih dari cukup.

Baca juga:

Perbandingan 3 Layanan Mail Server: Google Mail, Windows Live Mail dan Jagoan Hosting Mail

Setting Mail Client pada Outlook Express

Baca Email Google APPS lewat Outlook 2007/2010



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Email Client Gratis dari MailBird bagi Pengguna Windows



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment