Tuesday 11 February 2014

Mungkin anda punya toko di pinggir jalan, punya lapak di mall di kota anda, lalu mengapa anda masih juga perlu membuat website ecommerce untuk jual barang anda yang selama ini anda jual melalui toko tersebut.

Poin-poin berikut ini adalah alasan mengapa anda perlu membuat toko online untuk menjual produk:

1. Meniadakan batasan jarak dan waktu.


Kalau anda jualan hanya di mall di kota anda maka konsumen produk anda hanya sebatas mereka yang ada di kota anda dan di sekitarnya. Sementara kalau anda juga jualan di toko online maka produk julan anda bisa dilihat dan terlihat oleh lebih banyak orang dari manapun dan dimanapun mereka berada di  seluruh dunia.

Orang-orang bisa akses internet dari mana saja dan bisa melihat website apapun dan dimanapun tanpa harus dibatasi jarak dan waktu.

Tidak anda kendala dan hambatan bagi pengakses internet yang berdiam di Jayapura, Bali atau di Amerika Serikat sana untuk bisa dengan mudah melihat isi website toko online yang anda kelola dari kamar tidur anda di Palembang.

2. Bisa mendapatkan pengunjung dari orang-orang baru.


Karena sifatnya online maka akan selalu ada orang-orang baru yang bisa melihat website anda setiap hari, sementara kalau anda jualan offline toko anda hanya akan terlihat oleh orang-orang yang bertempat tinggal di lokasi yang sama.

Di toko fisik Anda hanya bisa mengandalkan nama besar dan popularitas toko anda, sementara dengan toko online anda bisa pula mendapatkan pengunjung baru melalui mesin pencari google. Orang yang selama ini tidak kenal toko anda menjadi tahu hanya dengan melihat link menuju toko online anda di mesin pencari seperti Google misalnya. Begitu mereka klik, produk di toko online anda akan terlhat oleh mereka

3. Hanya butuh sedikit biaya operasional.


Berikut ini biaya yang mungkin akan anda keluarkan untuk toko online anda.
  • Pemasaran dan periklanan. Anda hanya perlu menampilkan toko online anda di google dan itu bisa anda lakukan secara gratis. Anda bisa pula pasang iklan PPC dan itupun hanya menghabiskan sedikit anggaran. Selain dari 2 saluran pemasaran diatas anda masih bisa pula lakukan pemasaran melalui media social semisal facebook, twitter dan google+. Bandingkan dengan pemasaran untuk toko offline, anda memang bisa menggunakan saluran pemasaran online, namun pengunjung yang melihat iklan toko anda di media online tidak bisa serta merta dengan klik iklan anda mereka bisa langsung melihat jualan anda.
  • Butuh sedikit karyawan. Anda hanya butuh sedikit karyawan, anda bisa menyesuaikan kebutuhan akan karyawan mengikuti perkembangan toko online anda. Dengan toko online anda bisa memperkerjakan 1 orang untuk berbagai jenis pekerjaan dari proses pemesanan hingga tahap pengiriman barang. Anda tidak butuh penjaga toko, anda tidak perlu kasir, anda juga bahkan bisa lakukan semuanya seorang diri.
  • Tidak perlu bangun toko atau sewa petak di mall. Anda tidak perlu sewa atau beli bangunan di pinggir jalan untuk toko anda. Anda bisa gunakan rumah anda sendiri yang lokasinya jauh dari keramaian sebagai gudang dan tempat operasional kerja.

4. Menghilangkan biaya perjalanan dan menghemat waktu konsumen.


Konsumen tidak harus repot keluar rumah bawa kendaraan di tengah kemacetan yang bikin stress, mereka juga tidak harus berdesak-desakan di bis kota hanya untuk mendatangi toko anda. Belum tentu juga setelah melihat jualan anda mereka otomatis membeli.

Kalau anda juga punya toko di mall, pengunjung yang tinggal di kota yang sama dengan anda bisa terlebih dahulu melihat produk toko anda secara online, baru setelah tertarik pada suatu produk mereka bisa langsung mendatangi toko anda, jadi mereka bisa lebih menghemat waktu.

5. Bisa memberikan informasi lebih banyak.


Melalui toko online anda bisa menyajikan informasi lebih banyak dan mendetil tanpa harus menyiapkan kertas, atau menempelkan informasi di dinding toko anda yang memiliki space terbatas.

Di toko online anda bisa kasih informasi apapun, sebanyak berapapun dan konsumen akan lebih mudah mencari informasi yang mereka inginkan terkait dengan toko dan produk yang dijual di toko anda hanya dengan beberapa klik.

6. Toko online buka 24 jam.


Konsumen ingin beli baju, sementara waktu menunjukkan jam 11 malam, tidak mungkin mereka keluar rumah untuk mendatangi toko di mall. Belum lagi kebanyakan mall jam segitu sudah pada tutup. Sementara siang hari mereka sibuk kerja dan hampir tidak punya waktu luang, bahkan di akhir pekan.

Mereka bisa berkunjung ke toko online yang jual baju kapanpun mereka mau dari kamar tidur. Setelah menemukan produk yang menarik minat mereka hanya butuh beberapa kali klik, kemudian transfer uang pembayaran, dan beberapa hari kemudian pesanan pun sampai kerumah. Mudah sekali bukan.

Dengan membaca beberapa kelebihan diatas semoga bisa menjadi alasan mengapa sebaiknya anda juga punya toko online



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Cara Bisnis Online, Cara membuat blog, pemasaran online

Baca selengkapnya di --> Mengapa perlu buat website toko online untuk jual produk



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment