Wednesday 12 February 2014

Indopingpong.net merupakan sebuah toko online yang menjual berbagai macam perlengkapan olahraga, khususnya untuk olahraga tenis meja. Menurut Bapak Donal Hidajat(36) selaku owner, untuk mencari toko olahraga memang sangat mudah, namun tidak ada yang lebih spesifik seperti toko Indopingpong.net ini yang hanya menjual perlengkapan tenis meja. Karena, memang olahraga yang cukup populer seprti sepak bolalah yang sering dicari dan banyak tokonya. Nah, berikut ini adalah hasil interview tim Mebiso bersama dengan Bapak Donal selaku owner dari Indopingpong.net:

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya lulusan Ilmu Komputer.

Bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Saya mulai membuka bisnis online di bidang tenis meja ini sekitar 1,5 tahun yang lalu.

Pengorbanan terbesar apa yang pernah Anda lakukan untuk menjadi seorang enterpreneur?

Menurut saya pengorbanan terbesar saya terletak pada waktu dan modal.

Bisa diceritakan tentang bisnis Anda? Produk apa yang Anda tawarkan?

Usaha saya ini bergerak dibidang toko online sport, khususnya menjual berbagai perlengkapan tenis meja, seperti bola pingpong, bet tenis meja, dan masih banyak lagi.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis yang Anda miliki saat ini?

Awalnya dari hobby lama saya yang bangkit kembali karena di tempat saya biasa fitness suatu hari disiapkan meja pingpong. Beberapa bulan kemudian saya beli bet baru ke toko terkenal dengan pengetahuan sangat minimal. Akhirnya dipilihkan bet pingpong dengan komposisi yang ternyata tidak sesuai dengan permainan saya.

Sejak saat itu saya mulai banyak belajar mengenai perlengkapan tenis meja. Sampai suatu saat saya menemukan 1 produk bagus dengan harga cukup ekonomis, namun di sini tidak ada yang menjualnya. Saya coba impor langsung produk tersebut, ternyata peminatnya lumayan banyak.

Sentuhan yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Produk saya dijual secara online dimana pemesanan bisa dilakukan langsung di website. Jadi pembeli akan diberitahu secara otomatis berapa total nilai yang perlu ditransfer (termasuk ongkos kirim) dan nomor account bank tujuan. Kebanyakan produk sudah disiapkan informasi dan fotonya. Stok produk yg tersedia juga bisa dilihat secara online.

Lalu prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda? Dan pengalaman paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Prestasi yang menurut saya sudah pernah saya raih salah satunya yaitu, ketika ada pembeli dari luar negeri yg membeli dalam jumlah banyak, padahal dia belum pernah berhubungan dengan saya sebelumnya. Dan dia adalah orang pertama yg belanja dari negara tersebut.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Market yang ada memang tidak sebesar olahraga populer seperti sepakbola misalnya. Namun, tenis meja termasuk salah satu olahraga yg relatif mudah disosialisasikan. Peralatan yang dibutuhkanpun bisa disesuaikan dengan dana yang tersedia.

Dan usaha online seperti ini akan memudahkan siapapun yang ingin mencari perlengkapan tenis meja, karena semuanya bisa dilakukan dari manapun selama dia memiliki koneksi internet. Setelah dana ditransfer, dalam beberapa hari paket akan sampai ke tujuan.

Bagaimana Anda mengatasi setiap kendala yang terjadi pada bisnis Anda ini?

Terus memperbaiki dan mengembangkan sistem yang ada, sehingga usaha saya ini bisa semakin mendekati bisnis yang sesungguhnya (sekarang ini bisa dibilang masih self employ/usaha sendiri).

Siapa tokoh yang memotivasi Anda dan apa Quote yang paling mempengaruhi Anda dalam menjalani bisnis ini?

Menurut saya untuk tokoh yang paling memotivasi adalah Maria Robinson, dengan quotenya yaitu "Nobody can go back and start a new beginning, but anyone can start today and make a new ending".

Untuk yang terakhir nih Pak, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan kepada para enterpreneur dan pembaca Mebiso?

Jika benar terjadi kesalahan, terimalah dengan lapang dada. Lalu cari penyebab dan solusinya supaya tidak terjadi lagi.

Terima kasih Pak untuk kesempatannya kami wawancarai. Semoga Indopingpong.net semakin dan selalu sukses ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Wawancara Singkat Bareng Bapak Donal Hidajat, Owner Indopingpong.net



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment