Thursday 6 February 2014

Niceforkids.com adalah salah satu toko online yang menjual berbagai keperluan bayi dan balita, khususnya untuk keperluan popok bayi. Sebagai owner dari Niceforkids.com, Kukuh Wira Kurniawan(35) bukan hanya menyediakan produk yang dijual secara retail, namun juga menyediakan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller. Sebelum menjadi seorang wirausahawan sukses seperti saat ini, banyak lika – liku yang dijalani oleh Bapak Kukuh Wira. Nah, tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau. Berikut ini adalah uraiannya:

Apa latar belakang pendidikan Bapak?

Saya lulusan Teknik Elektro, Universitas Brawijaya Malang

Bagaimana awal Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Saya mulai berdagang sejak SMA, hingga sewaktu kuliah saya cukup serius membangun usaha jual beli komputer. Namun, usaha tersebut berhenti ditengah jalan karena beberapa hal. Setelah itu dengan sedikit uang yang tersisa, saya mencoba membuka usaha les private. Akan tetapi usaha ini hanya berjalan beberapa bulan, hingga saya memutuskan untuk mencari kerja dan mengubur impian membangun usaha. Hingga suatu waktu saya diberi kesempatan kembali oleh Allah untuk membangun usaha lagi, yaitu Niceforkids.

Pengorbanan apa yang sudah pernah Bapak lakukan untuk usaha ini?

Pengorbanan yang pernah saya lakukan, mungkin pada saat mengambil keputusan ingin full time berwiraswasta atau tetap mendua (bekerja + wiraswasta). Hal ini cukup berat bagi saya, karena ke dua nya saya mempunyai andil yang cukup besar terhadap sistem yang dijalankan. Seolah-olah keduanya adalah perusahaan saya sendiri.

Lalu apa saja yang ditawarkan oleh niceforkids ini? Dan ide awal pendiriannya sendiri darimana?

Adanya masalah ruam popok pada anak yang cukup parah membuat saya berfikir untuk mencari produk yang bisa membantu mengurangi ruam popok tersebut dari penyebabnya. Setelah susah payah mencari, dan karena saat itu belum banyak produk yang beredar di pasaran, akhirnya saya mendapatkan produk popok kain yang dapat di cuci ulang. berbekal kenyakinan untuk membantu sesama (yang mempunyai masalah yang sama dengan saya), saya mulai mengenalkan produk tersebut ke teman-teman dan mendapatkan respon yang baik. Akan tetapi karena keterbatasan modal finansial, waktu, tenaga dan area pemasaran karena saya dan istri sama-sama bekerja, akhirnya saya berfikir untuk memasarkan secara online walaupun saya belum mempunyai kemampuan dan pengetahuan di dunia online. Pada awalnya saya mengikuti saran dari teman untuk menggunakan domain dan hosting gratis yang sudah ada templatenya (saya gak bisa programming), hingga pada satu waktu domain saya di blokir maka saya beralih ke yang profesional.

Sentuhan yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain dengan konsep serupa?

Menurut saya perbedaanya, yaitu ke buffer stok yang cukup, kecepatan respon dan pelayanan yang baik dengan sentuhan kekeluargaan.

Lalu prestasi terbaik apa yang sudah pernah diraih oleh bisnis Anda?

Bagi saya, yang terpenting adalah dapat memberikan support yang baik kepada seluruh customer. Untuk partner kami berusaha memberikan support maksimal sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekara?

Ruang lingkup market kami masih cukup luas, masih banyak yang dapat di optimalkan

Dan bagaimana dengan tantangan? Tantangan dan kendala apa saja yang pernah Anda hadapi, dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan yang pernah saya hadapi sangat banyak, karena menurut saya kalau tidak ada tantangan dari luar, ya kita harus membangun sendiri tantangannya. Ini dilakukan agar kita tetap bergerak maju.

Apa rencana ke depan Anda untuk mengembangkan bisnis ini?

Saya ingin terus menambah varian produk, penambahan SDM untuk meningkatkan support dan membenahi urusan internal.

Siapa tokoh yang jadi motivasi Anda dalam selama menjadi Enterpreneur ini?

Tokoh yang memotivasi adalah almarhum Ayah saya. Karena beliau yang memberikan fondasi mental dan pengetahuan survival. Kalau dari dunia usaha, saya salah satu pengagum Bpk. Dahlan Iskan.

Lalu saran terbaik apa yang dapat Anda berikan untuk para pembaca dan untuk enterpreneur di luar sana?

Dalam menjalankan usaha itu harus kerja keras, kerja cerdas, sabar dalam menjalani prosesnya hingga datangnya hasil yang diharapkan.

Terima kasih kesempatannya untuk sharing bersama kami Pak. Semoga Niceforkids.com selalu dan semakin sukses ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Pengalaman Menjalani Banyak Bisnis, Kini Kukuh Wira Sukses dengan Toko Online Niceforkids.com



Share Artikel ini! »»

1 comments:

  1. bagus artikelnya. https://bisniskini.com/2017/09/03/menguji-teknologi-konektivitas-facebook-petakan-manusia-se-dunia/

    ReplyDelete