Sunday 16 February 2014

Fajar Teguh Pribadi(20), diusianya yang masih terbilang cukup muda ini, ia sudah memiliki sebuah bisnis online yang cukup sukses. Mengangkat konsep sebuah bisnis rumahan pembuat berbagai kebutuhan fashion dengan bahan dasar kulit asli, Mas Fajar juga membuatnya dengan keterampilan tangan langsung. Bisnis yang juga terbilang masih sangat muda ini memang benar – benar menjadi salah satu UKM yang sukses di kota Malang. Berikut ini adalah wawancara tim Mebiso bersama dengan Mas Fajar Teguh Pribadi:

Apa latar pendidikan dari Mas Fajar sendiri?

Saya alumni SMK Negeri 4 Grafika Malang, jurusan multimedia. Dan sekarang saya sedang menempuh program S1 di Universitas Negeri Malang(UM), FakultasTeknik prodi Pendidikan Teknik Informatika.

Di usia yang masih terbilang sangat muda, bagaimana Anda mengawali dunia enterpreneur ini?

Awal saya masuk dunia entrepreneur, sebenarnya hanya ingin coba – coba nambah uang saku dan kebtulan orang tua saya juga seorang pedagang, jadi saya punya inisiatif untuk mencoba memasarkan produk orang tua saya lewat situs jual beli online gratisan.

Apa pengorbanan terbesar Anda sebagai seorang enterpreneur?

Untuk pengorbanan mungkin masih belum terlihat, tapi ketika sekarang bisnis saya mulai berkembang mungkin agak sulit untuk membagi waktu antara bisnis dan kuliah, karena bisa dibilang sekarang jadi lebih condong ke bisnis.

Bisa diceritakan mengenai bisnis yang Anda miliki? Produk apa saja yang Anda tawarkan melalui Belikulit.com?

Untuk bisnis ini, saya memasarkan produk yang intinya berkaitan dengan kerajinan kulit asli yaitu ada jaket kulit, dompet, sepatu, tas, sandal ikat pinggang, dll.

Bagaimana ide awal Anda berjualan ini?

Untuk ide awalnya saya hanya berjualan di e-commerce gratisan dari situlah ternyata respon pembeli cukup mengejutakan. Jadi, sudah saya putuskan untuk mulai focus pada bisnis ini dan mulai membangun website, social media promotion dan keperluan lainnya untuk branding. Serta mulai merencanakan untuk membentuk perusahaan profesional CV atau PT, yang focus pada bisnis saya ini.

Sejak kapan bisnis Belikulit.com ini berdiri?

Untuk berdinya masih terbilang belum lama, ya baru sekitaran bulan April 2013, yang berarti belum genap 1tahun.

Apa yag membedakan bisnis Anda ini dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Kalau perbedaan dengan bisnis serupa, mungkin dari yang kuantitas kami memiliki varian produk yang cukup banyak dan rutin update hampir di setiap minggunya. Tentunya diimbangi dengan kulitas produk serta pelayanannya yang cepat dan ON selama 18 jam/hari dalam 1 minggu penuh.

Prestasi terbesar apa yang sudah pernah Anda raih dari bisnis Anda ini?

Untuk prestasi secara resmi mungkin belum ada, tapi mungkin omset sendiri yang rata – rata sudah sangat lumayan dalam sebuah hitungan bisnis baru.

Pengalaman apa yang pernah Anda dapat selama menjadi seorang enterpreneur ini?

Untuk pengalaman yang berkesan mungkin banyak dialami ketika pertama kali saya mulai bisnisnya.

Darimana Anda mendapatkan sebuah inspirasi untuk menjalani sebuah bisnis?

Inspirasi saya dalam memulai bisnis ini diawali setelah saya menonton film Thailand yang berjudul "Top Secret Billionair".

Pesan apa yang dapat Anda berikan kepada enterpreneur di luar sana?

Pesannya adalah hanya perlu keberanian dan cepat dalam bertindak serta dapat melihat peluang yang dan tidak perlu banyak berfikir dan segera dilakukan.

Wah, terimakasih Mas Fajar sudah mau berbagi cerita bersama kami di Mebiso. Semoga belikulit.com ini semakin dan selalu sukses ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Wawancara Singkat Bareng Fajar Teguh Pribadi, Owner Belikulit.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment