Thursday 20 February 2014

Siapa yang tidak mengenal permainan Lego? Batu berwarna yang ringan, aman dimainkan dan juga mudah untuk terus digunakan ini memang sudah melekat di setiap hati penikmatnya. Lego menjadi salah satu contoh merek yang mampu bertahan cukup lama di masyarakat. Dengan berbagai strategi yang dimilikinya, kini banyak bisnis atau usaha yang mulai mencontoh apa yang dilakukan oleh Lego, seperti dari sebuah konsistensi desain, kolaborasi dan lain sebagainya. Nah, untuk yang ingin belajar membuat merek produk Anda bertahan lama dari sebuah permainan Lego, berikut ini ulasannya:

1. Konsistensi adalah kunci

Konsistensi merupakan kunci yang terpenting dalam sebuah bisnis. Sebuah mereka akan mampu bertahan lama ketika Anda mampu menjaga sebuah konsistensi merek Anda. Seperti halnya lego, meski sudah berkali – kali melakukan proses pengembangan bentuk lego. Lego tetap konsisten dengan sebuah permainan yang memiliki bentuk dan warna yang ceria. Cobalah untuk tetap menjaga konsistensi dalam setiap merek yang Anda miliki. Karena, ketika Anda mampu berkonsisten dengan hal tersebut, maka bisa dipastikan merek Anda tidak akan ketinggalan zaman dan akan berumur panjang.

2. Membangun kolaborasi dalam proses desain

Perlu kiranya dalam sebuah proses desain bukan hanya melibatkan seorang desainer, tetapi juga seorang sales, dan juga pelanggan. Lego menerapkan proses kolaborasi dalam setiap pengambilan keputusan pembuatan desainnya, yang berarti setiap proposal dihukum suara dalam tim desain. Lego kini kembali ke 7.000 bagian dan akan menjadi kuat. Untuk seorang pengusaha muda hal ini penting untuk mengarahkan bisnis Anda, tapi jangan mengabaikan kekuatan kerja tim dan tetap mencari umpan balik dari karyawan, bersama dengan pelanggan.

[Baca juga: 5 Tips Sukses Desainer Bekerjasama dengan Marketing ]

3. Membuat misi yang jelas

Lego memiliki misi, yaitu  "Tujuan utama kami adalah untuk menginspirasi dan mengembangkan anak-anak untuk berpikir kreatif, alasan sistematis dan melepaskan potensi mereka untuk membentuk masa depan mereka sendiri dan mengalami kemungkinan manusia yang tak ada habisnya". Ini bisa menjadi suatu kekuatan tersendiri agar sebuah merek mampu bertahan lebih lama. Karena sesuai artinya, misi adalah segala tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai sebuah visi di masa depan. Pastikan bisnis Anda memiliki misi yang jelas dan kuat. Ini akan membawa merek Anda bertahan lebih lama dan dicari oleh masyarakat.

4. Terus berinspirasi

Anda harus membuat sebuah merek yang bukan hanya menjual tapi juga menginspirasi banyak orang. Ketika Lego diciptakan untuk membuat semua anak terinspirasi dengan setiap imajinasi mereka. Maka itulah salah satu alasan yang dicari oleh setiap penikmat permainan Lego, baik dari anak kecil hingga mereka yang sudah dewasa. Dengan mengembangkan produk yang terus-menerus membangkitkan kreativitas, orang tidak hanya akan mengingatnya tapi kembali ke sana.

Baca juga:

Mana yang Lebih Penting: Nama Domain atau Merek?

10 Rahasia Bagaimana Brand Ternama Bisa Mudah Meraih Kepercayaan Pelanggan

7 Langkah Menciptakan Merek Pribadi Anda Sendiri

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Ingin Merek Berumur Panjang? Mari Belajar Melalui Lego



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment