Friday 14 February 2014

Dalam pemrograman, banyak proses yang dilalui. Mulai dari menulis kode hingga upload pada production server. Proses tersebut merupakan proses panjang dan berulang, sehingga terkadang membuat programmer bosan dan merasa lelah melakukan hal yang sama berulang kali dan memakan waktu yang cukup lama. Belum lagi kalau ada bug, revisi, pengembangan dan lain sebagainya yang menyebabkan programmer menjadi lebih banyak menuangkan pikirannya pada banyak hal. Nah, untuk mengurangi beban yang ditanggung programmer, kali ini saya akan share tentang bagaimana mengintegrasikan FTP dengan Sublime Text 3, sehingga ketika save, maka langsung di upload ke server melalui FTP.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah instalasi Package Control pada Sublime Text. Copy Paste kode dibawah ini.

  import urllib.request,os,hashlib; h = '7183a2d3e96f11eeadd761d777e62404e330c659d4bb41d3bdf022e94cab3cd0'; pf = 'Package Control.sublime-package'; ipp = sublime.installed_packages_path(); urllib.request.install_opener( urllib.request.build_opener( urllib.request.ProxyHandler()) ); by = urllib.request.urlopen( 'http://ift.tt/n0CyWB' + pf.replace(' ', '%20')).read(); dh = hashlib.sha256(by).hexdigest(); print('Error validating download (got %s instead of %s), please try manual install' % (dh, h)) if dh != h else open(os.path.join( ipp, pf), 'wb' ).write(by)  

Masuk pada aplikasi Sublime Text anda, kemudian masuk ke View -> Console atau tekan CTRL + ` untuk menampilkan Console dari Sublime Text. Paste kode diatas melalui textfield kemudian tekan Enter.

11

Jika berhasil maka akan ada keterangan seperti gambar dibawah ini

22

Berikutnya, kita harus install FTPSync Package pada Sublime Text, sehingga kita bisa mengintegrasikan secara langsung kode kita kepada server. Caranya, tekan CTRL + SHIFT + P, maka akan muncul dropdown kemudian ketikkan Install Package. Kemudian pilih Package Control : Install Package, lalu tekan Enter.

33

Kemudian akan muncul beberapa package yang dapat anda install. Ketikkan FTP, kemudian pilih FTPSync.

44

Setelah selesai, pilih Preferences -> Package Settings -> FTP Sync -> Setup FTP Sync in this Folder. Anda akan dibuatkan file baru bernama ftpsync.settings pada folder Anda. Sesuaikan konfigurasi yang ada dengan FTP Server Anda. yang terpenting adalah Host, Username, Password. 

66

Jika sudah selesai setup, Coba buat file index.php berisikan kode dibawah ini :

   <?php     echo "Hello World. Comes from Sublime Text 3";  

Ketika Anda melakukan save pada file tersebut, maka file tersebut secara otomatis akan di upload. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Mengintegrasikan FTP dengan Sublime Text 3



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment