Growth hacking adalah perpaduan antara ilmu komputer dan marketing. Growth hacking adalah marketing yang didasarkan dengan data dan dipadukan dengan testing yang berkelanjutan. Anda pasti sudah mendengar dan membaca tentang "pembajakan" Airbnb dan Craiglist, serta tanda tangan di setiap email di Hotmail dan integrasi Facebook di Spotify. Semua growth hack ini adalah cara mendapatkan customer dengan agresif agar mereka mau menggunakan suatu produk/layanan, akan tetapi growth hacking itu jauh lebih luas dan beragam dari ini. Growth hacking bisa digunakan untuk mempertahankan customer, meningkatkan engagement dan bisa digunakan pada semua jenis bisnis termasuk B2B atau bahkan bisnis offline. Inilah 5 kasus growth hack keren yang mungkin belum anda dengar sama sekali.
1. Sistem Referensi Candy Crush
Saya yakin anda pasti tahu dan pernah memainkan salah satu game mobile paling adiktif ini. Per Desember tahun lalu, Candy Crush memiliki 93 juta user yang memainkan game ini setiap harinya. Mereka bisa mendapatkan traction (marketing result) dan jumlah user sebesar ini karena sistem referensi yang cerdas yang ada pada game ini. Anda hanya diperbolehkan memainkan game ini di setiap level dalam jumlah waktu tertentu. Waktu akan di-reset kembali setelah anda menyelesaikan satu level. Jika anda tidak bisa menyelesaikan satu level tertentu, anda harus meminta nyawa tambahan ke teman anda atau anda harus menunggu 30 menit agar nyawa anda kembali pulih. Anda hanya bisa meminta nyawa ke teman anda via Facebook, tetapi apa yang sebenarnya anda lakukan adalah meminta orang untuk mendaftar dan meningkatkan jumlah user dalam game ini. Ini merupakan sistem referensi yang sangat kuat dan viral.
2. The Clean Plumber
Ini adalah contoh growth hacking yang bagus pada bisnis offline, yaitu memperbaiki pipa ledeng. Dengan mendengar nama brand-nya saja, bisnis ini sudah menempatkan diri mereka pada posisi yang menguntungkan, "The Clean Plumber" atau "Tukang Pipa/Ledeng yang Bersih". Mereka tahu bahwa banyak tukang ledeng yang masuk ke rumah anda dengan sepatu yang kotor dan mengacaukan kamar mandi anda. Atas dasar itulah mereka mengklaim bahwa mereka adalah tukang ledeng yang bersih dan mereka memanfaatkannya sebagai keuntungan dalam bisnis mereka:
- Wear our special protective CleanBoots inside you home. So your floors are protected from outside dirt and grime.
The Clean Plumber memahami dua hal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis yang sustainable. Itu adalah menyelesaikan masalah dan menyediakan suatu kebutuhan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sebagai tukang ledeng, mereka berhasil menyelesaikan masalah dan memenuhi suatu kebutuhan, akan tetapi karena pekerjaan seperti ini cukup sulit bagi mereka untuk menjangkau banyak orang, The Clean Plumber memisahkan website dan landing page mereka untuk kota yang spesifik dan mengoptimasinya dalam pencarian lokal. Dan tentunya mereka harus mengidentifikasi lokasi pengunjung via IP dan menampilkan kota-kota mana saja yang dilayani situs ini di dekat lokasi si pengunjung.
3. Clarity.fm – Pola email yang berkonversi
Dan Martell, pendiri dan CEO Clarity.fm adalah seorang yang jenius dalam growth hacking. Clarity.fm adalah situs yang menghubungkan para expert dalam berbagai bidang dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan dari expert dengan bayaran x/menit untuk berbicara dengan mereka. Clarity.fm melacak jumlah kunjungan di website dan mencari tahu expert mana yang anda lihat di website. Setelah anda menunjukkan suatu ketertarikan ke seorang expert tertentu, Clarity.fm akan mencatatnya dan akan mengirimkan anda email yang berisikan detil tentang expert tersebut dengan tombol Call to Action (CTA) yang kuat agar anda mau menghubungi mereka. Email ini sangatlah targeted dan cocok untuk meningkatkan engagement.
Ini adalah contoh growth hack yang bertujuan untuk mempertahankan customer dan meningkatkan engagement dibanding mengakuisisi customer.
4. About.me – Distribusi Profil
About.me adalah website yang memungkinkan anda membangun informasi pribadi anda secara online, singkatnya ini bisa dibilang online business card. About.me melakukan growth hack dengan mendistribusikannya menggunakan Twitter. About.me tidak meminta anda untuk men-share profil anda di About.me melalui Twitter, tapi mereka ingin memiliki tempat di profil Twitter anda.
User bisa menggunakan fitur "apps" di About.me untuk menambahkan fungsionalitas lain pada profil mereka. Ada "app" Twitter yang menghubungkan About.me dengan akun Twitter anda dan menampilkan ikon Twitter di profil anda di About.me, link Twitter ini langsung terhubung ke halaman Twitter anda. Setelah selesai, dengan cerdasnya About.me menunjukkan tombol CTA yang besar dan masuk dalam notifikasi anda yang tidak bisa anda lewatkan. Tombol CTA ini bertuliskan "Add About.me to your Twitter profile". Jika anda setuju, URL yang terhubung dengan akun Twitter anda akan digantikan dengan halaman pribadi anda di About.me. Hal ini terjadi dengan mulus dan ini tidak akan membawa anda pergi dari About.me hanya untuk melihat halaman Twitter anda. Semuanya bisa anda lihat melalui About.me.
5. Yogurberry – Meningkatkan nilai harga pesanan
Yogurberry adalah toko yang menjual frozen yoghurt berdasarkan berat. Anda tinggal memilih rasa froyo yang anda sukai dan anda bisa menambahkan topping seperti buah, kacang, dan manisan lainnya. Growth hack yang mereka lakukan bisa meningkatkan average order value yang mereka beli.
Sebelum melakukan growth hack ini, Yogurberry menawarkan tiga ukuran cup yang berbeda, yaitu kecil, sedang, dan besar. Customer memilih ukuran cup mana yang sesuai dengan mereka, memilih rasa froyo dan menambahkan topping.
Yogurberry melakukan growth hack dengan hanya menawarkan satu ukuran kepada customer, yaitu ukuran besar saja. Secara psikologis ini akan mendorong customer untuk mengisi lebih banyak froyo dan topping, ini membuat beratnya bertambah dan meningkatkan harga pesanan.
Ini adalah contoh growth hack yang sederhana. Seperti yang anda lihat, growth hacking bisa diterapkan pada banyak bisnis yang berbeda dalam banyak cara yang berbeda pula dan jauh lebih berharga ketimbang hanya fokus menambahkan jumlah user atau customer.
Sumber: growthgiant.com
Baca Juga:
Tingkatkan Kunjungan Email Hingga 100% Dengan Melakukan Growth Hacking pada Email Marketing
Bagaimana Desain Mengubah Airbnb Dari Startup Yang Gagal Menjadi Bisnis Bernilai Milyaran Dollar
Bagaimana Memaksimalkan Efektifitas Marketing Bagi Startup Anda
sumber : 5 Kasus Growth Hack Yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya
Baca selengkapnya di --> 5 Kasus Growth Hack Yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment