Perhelatan akbar sebuah pertandingan olahraga selalu memicu perbincangan secara masif di Facebook, tapi perbincangan yang terjadi selama Piala Dunia sungguh luar biasa.
Facebook dan Piala Dunia pada dasarnya telah mendunia sehingga pada akhirnya Facebook akan menjadi sebuah ‘stadion mobile global’ di mana orang terhubung dan berinteraksi sepanjang pertandingan berlangsung.
Ini menjadi sebuah momen unik karena terbukti tingkat perbincangan yang terjadi pada acara akbar ini telah melampaui tingkat perbincangan tertinggi yang pernah diukur Facebook sejauh ini.
Sebagai gambaran, dalam waktu satu minggu, lebih banyak orang membahas tentang Piala Dunia di Facebook dibanding total jumlah orang yang memperbincangkan perhelatan olahraga Super Bowl, ajang perhargaan tertinggi industri film dunia Oscar, dan Olimpiade Musim Dingin di Sochi bila digabungkan jadi satu.
Jumlah orang yang datang ke Facebook untuk mencari konten tentang tim maupun pemain favorit mereka sekaligus memperbincangkan apa yang terjadi di lapangan hijau sepanjang turnamen berlangsung telah menembus rekor tertinggi. Padahal pertandingan masih akan berlangsung tiga minggu ke depan. Berikut adalah sejumlah data perbincangan di Facebook tentang Piala Dunia sejauh ini:
Piala Dunia Pekan I (12 s/d 18 Juni): 141 Juta Orang – 459 Juta Interaksi (berupa posting, komentar, dan likes)
Super Bowl XVIII (2 Februari): 50 Juta Orang – 185 Juta Interaksi (berupa posting, komentar, dan likes)
Olimpiade Musim Dingin Sochi (6 s/d 23 Februari): 45 Juta Orang – 120 Juta Interaksi (berupa posting, komentar, dan likes)
Perhelatan Academy Award ke-86 (2 Maret): 11,3 Juta Orang – 25,4 Juta Interaksi (berupa posting, komentar, dan likes)
Tim Data Facebook melihat di mana orang di seluruh dunia memperbincangkan Piala Dunia di Facebook. Berikut adalah daftar negara sesuai dengan jumlah orang yang membahas Piala Dunia sejauh ini dengan mempertimbangkan jumlah populasi Facebook di setiap negara (atau jumlah pengguna yang mengakses Facebook setidaknya sekali dalam sehari):
- Brasil
- Amerika Serikat
- Inggris Raya
- Indonesia
- Meksiko
Data Facebook tersebut menjadi bukti bahwa gelaran akbar ini mendominasi Facebook yang artinya juga peluang bagi para pemasar untuk memanfaatkan ini sebagai ajang promosi produknya di Facebook.
(Webershandwick)
sumber : Perbincangan Piala Dunia Lampaui Tingkat Perbincangan Tertinggi Facebook
Baca selengkapnya di --> Perbincangan Piala Dunia Lampaui Tingkat Perbincangan Tertinggi Facebook
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment