Suksesnya pemasaran suatu produk atau jasa menjadi indikator
suksesnya bisnis yang Anda jalankan. Untuk memenangkan pasar, diperlukan
strategi pemasaran yang tepat.
Selain itu, pastikan kualitas produk menjadi poin penting dalam
menyusun strategi pemasaran. Setelah itu, rancanglah strategi pemasaran
yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan secara terkontrol,
dinamis, dan kreatif. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan.
Identifikasi pelanggan Anda
Identifikasi target
market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun jika
Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik
wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk
sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda
akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
Promosi
Lakukan upaya memperkenalkan atau promosi
produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda
lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif
sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali
bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis
Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan
brosur tersebut di tempat umum. Buatlah status di jejaring social yang
berkaitan dengan produk Anda, atau Anda mungkin dapat mengirim sms
kepada teman-teman Anda terkait dengan produk tersebut. Dengan berbagai
usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda akan menemukan pelanggan yang
membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan
kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan
upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan pemasaran dari
mulut ke mulut. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib
karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat.
Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman
berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda
akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
Pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam
strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda
perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan
yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu
merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka,
usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan
bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Gunakan internet
Internet marketing bisa jadi
salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Apa pasal? Anda dapat
mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan
menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli
online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap
tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin
berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih
privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet. Anda dapat
memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan menggelar
berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Jalin hubungan dengan pelanggan. Memelihara pelanggan lama lebih
mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Konon, biaya yang
dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada
memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan
data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka
secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang
sedang berjalan, dan lain-lain. Joe Girard, seorang salesman terkemuka
di dunia otomotif, mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah selalu
memelihara hubungan yang baik dengan pelanggannya.
Tetap fokus
Kekuatan fokus terbukti dapat
mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple fokus pada produknya dan
sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple
tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang
lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih
sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah
tertentu.
Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini, Anda harus dapat
memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan juga ide yang
inovatif. (as/dari berbagai sumber)
sumber : Enam Kunci Sukses Pemasaran
Baca selengkapnya di --> Enam Kunci Sukses Pemasaran
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment