Word of Mouth dalam promosi bisnis
Seperti yang kita ketahui, sebuah bisnis tentu membutuhkan banyak cara dalam mempromosikan bisnis dan produk mereka. Selain menggunakan brosur, iklan di media cetak, iklan di media elektronik, salah satu yang paling manjur dan banyak digunakan adalah melalui teknik Word of Mouth. Promosi paling mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Kita hanya membutuhkan orang dan kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan mereka. Jika memang dirasa itu sulit, Word of Mouth dapat muncul dan tercipta saat produk yang Anda jual bisa menciptakan suatu cerita dan membuat pengalaman berbeda bagi pelanggan Anda.
Word of Mouth sangat manjur terlebih bagi sebuah bisnis online, yang jelas melakukan promosi hanya melalui media, terlebih media elektronik seperti internet. Pelanggan tidak akan bisa melihat produk secara langsung dan mencobanya ketika hendak membeli. Tapi mereka bisa membantu kegiatan promosi Anda, saat mereka mendapati produk yang dibelinya secara online memiliki nilai guna dan sangat sesuai dengan yang mereka inginkan. Word of Mouth akan secara otomatis tercipta ketika pelanggan merasa toko online Anda sangat berpontensi untuk menjual produk secara online.
Promosi toko online dengan foto produk
Apa yang Anda jual adalah apa yang dapat berguna bagi pelanggan Anda. Jika Anda menjual produk melalui toko offline tentu itu sangatlah mudah, karena Anda hanya tinggal menawarkan dan membiarkan pelanggan mencoba apa yang mereka inginkan. Namun bagaimana dengan bisnis online yang hanya menyediakan foto produk dan penjelasan singkat seputar produk yang mereka jual. Apakah itu artinya mereka tidak bisa menjual karena pelanggan tidak bisa melihat secara langsung dan merasakan kondisi produk? Tentu tidak. Saat ini toko online sudah mulai menjamur di kalangan masyarakat. Toko online memang menjual produk mereka secara online, baik dari promosi, transaksi hingga testimonial. Salah satu senjata promosi yang dilakukan oleh sebuah toko online adalah melalui sebuah foto produk yang dipajang pada website atau toko online mereka.
Sebuah foto produk yang menarik, bagus dan juga terlihat meyakinkan akan menjadi perhatian bagi pelanggan toko online Anda. Terlebih jika dilengkapi dengan deskripsi produk yang jelas dan mudah dimengerti oleh pengunjung website Anda. Foto produk haruslah dibuat semirip mungkin dengan penampakan produk aslinya. Ini yang nantinya akan digunakan untuk meyakinkan dan menarik perhatian dari calon pembeli Anda. Foto produk juga bisa menjadi alat promosi bagi toko online Anda. Ia bisa menjadi alat Word of Mouth bagi kegiatan promosi Anda.
Pemilik toko online kecil bisa mempertimbangkan mengapa bisa menggunakan foto produk sebagai alat Word of Mouth, dan berikut ini alasannya.
1. Foto bisa menangkap pengalaman terbaik pelanggan
Jika Anda menggunakan sosial media untuk berbisnis seperti Instagram, maka Anda bisa menelusuri foto produk Anda dan melihat seberapa banyak orang yang menyukai, menaruh komentar dan membagikannya untuk hal – hal yang positif. Sebagian besar foto produk yang diposting pada akun bisnis seseorang akan lebih mudah untuk mendapatkan cerita dari pengalaman pelanggan mereka.
2. Foto bisa dibagikan kepada teman pelanggan
Foto yang Anda posting di Instagram atau sosial media lainnya bisa dengan mudah dikenal dan kebagikan oleh pelanggan Anda. Jika mereka menyukai dan merekomendasikan produk tersebut, dengan senang hati mereka akan membagikan foto produk bisnis Anda. Ini adalah salah satu cara promosi yang bukan Anda lagi yang melakukannya tetapi pelanggan Anda.
3. Foto yang lebih partisipatif
Saat pemilik toko online memposting foto mereka, dan mulai ada pelanggan yang menaruh like atau komentar mereka, kewajiban dari pemilik toko online adalah ikut serta dalam percakapan yang ada di dalamnya. Percakapan ini bisa pertanyaan seputar produk yang diposting dan ditawarkan. Dan pemilik toko online wajib menjawabnya, karena percakapan yang terjadi dapat membuat orang lain yang melihatnya juga penasaran dan ingin turut serta dalam percakapan yang ada.
Dan berikut ini adalah tips yang bisa digunakan untuk memaksimalkan foto sebagai media promosi bisnis online Anda.
Baca juga:
10 Tips Marketing Toko Online di Instagram
sumber : Media Bisnis Online Indonesia
Baca selengkapnya di --> Mengulas Kolaborasi Promosi Word of Mouth dan Foto Produk untuk Kesuksesan Toko Online
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment