Thursday 2 January 2014

Bisnis adalah salah satu pilihan berkarir bagi banyak orang. Memulai bisnis tidak harus memiliki sebuah toko, perusahaan atau sebuah pabrik yang besar. Terlebih untuk mencapai suatu kesuksesan tidak harus kita mengeluarkan banyak uang. Saat ini ada satu media yang mampu membawa anda dan bisnis anda menjadi sebuah ladang yang menjanjikan, apalagi jika bukan di Internet. Internet memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan dalam beraktivitas, termasuk untuk berbisnis. Namun berbisnis di Internet bukanlah hal yang mudah, selain kita harus mengetahui terlebih dahulu target pasar kita seperti apa, kita juga harus mampu membaca setiap perkembangan teknologi yang ada. Berikut ini adalah 5 langkah mudah dan sukses berbisnis di internet :

1. Milikilah sebuah hosting

Apa sebenarnya hosting? Mengapa untuk berbisnis harus memiliki sebuah hosting? Apa hubungan keduanya? Sebenarnya sangat sederhana untuk memberikan sebuah jawaban. Hosting disini bisa dikatakan seperti rumah, tempat dimana kita meletakkan sebuah barang – barang kita. Sama seperti sebuah bisnis, ketika anda memiliki sebuah bisnis terutama yang berkaitan langsung di Internet, hosting adalah salah satu kebutuhannya. Ketika anda memiliki sebuah blog yang berisi tentang informasi bisnis anda, anda juga akan memasukan berbagai kebutuhan, seperti gambar, video, dan lain sebagainya. Maka anda membutuhkan sebuah hosting untuk berbisnis. Saat ini sudah sangat banyak jasa penyedia layanan hosting di Indonesia, salah satunya yaitu Jagoanhosting Indonesia. Anda tidak perlu bingung dan repot – repot untuk berfikir bagaimana mendapatkan sebuah hosting yang dibutuhkan bisnis anda.

2. Buatlah domain

Selain Hosting, apalagi yang dibutuhkan untuk dapat berbisnis di Internet? Tentu saja domain. Jika hosting adalah rumah, maka domain adalah nama alamatnya. Begitupula dengan domain dalam berbisnis. Setelah anda memiliki sebuah hosting untuk meletakkan segala kebutuhan anda dalam berbisnis, anda juga pasti memerlukan sebuah nama domain untuk memberikan identitas bisnis anda. Pemberian nama domain disini bukan hanya memberikan identitas bisnis anda, namun juga mempermudah bagi pelanggan atau klien anda untuk menemukan anda di internet. Mendapatkan nama domain yang kita inginkan bukan hal yang bisa ditunda – tunda. Karena nama domain tidak akan memiliki sebuah duplikat di internet. Sama seperti hosting, sekarang sudah banyak jasa penyedia layanan nama domain. Biasanya layanan hosting dan domain sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Salah satu penyedia jasa layanan ini adalah Jagoanhosting Indonesia.

3. Ciptakan sebuah Website

Sebuah website dalam berbisnis tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Terlebih untuk mereka yang menggeluti bidang bisnis online atau toko online. Memasarkan sebuah produk melalui internet bukanlah hal mudah. Salah satu syaratnya yaitu kita harus memiliki tempat untuk memamerkan dagangan kita, layaknya seperti toko offline. Bertransaksi di Internet kini bisa menjadi mudah dengan adanya dukungan sebuah website. Terlebih dengan fitur dan kemudahan untuk mengaksesnya. Sebenarnya ketika anda ingin memiliki sebuah website yang indah, mudah dan menghasilkan, anda tidak perlu memiliki keahlian untuk membuatnya dari awal. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan toko online di Indonesia, seperti jasa pembuatan toko online yang satu ini yaitu Jagoanstore.
Selain toko online, sebuah perusahaan atau company tentu sangat membutuhkan adanya website. Memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perusahaannya saat ini bisa dengan mudah dilakukan, yaitu melalui sebuah website company. Anda bisa memberikan informasi yang anda inginkan mengenai perusahaan anda kepada masyarakat luas. Untuk toko online dan website untuk sebuah company tentu saja sangat berbeda. Bukan hanya melalui sebuah tampilan, namun konten dan fitur yang dimiliki juga seharusnya berbeda. Untuk memudahkan pembuatan sebuah website company anda bisa mencoba salah satu layanan yang ada di Indonesia yaitu Jagoanweb. Salah satu jasa penyedia layanan pembuatan company profil yang sangat terpercaya di Indonesia.

4. Maksimalkan sosial media

Selain melalui Website, kita juga bisa menggunakan sosial media untuk memperkenalkan bisnis kita kepada khalayak ramai. Selain sudah banyak masyarakat yang tahu dan menggunakan sosial media, sosial media sendiri juga merupakan salah satu media pemasaran yang sangat ampuh untuk bisnis anda. Saat ini sudah banyak sosial media yang ada di masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Youtube dan lain sebagainya.
Ada banyak cara meningkatkan sales dengan sosial media. Namun bersosial media bukanlah hal yang sembarangan. Karena kita berhubungan langsung dengan masyarakat banyak, kita juga harus tahu bagaimana peraturan marketing yang ada di sosial media. Sehingga kita mampu mengoptimalkan sosial media untuk bisnis kita.

5. Optimalkan SEO

Bicara mengenai sales, marketing dan pemasaran, hal yang paling penting adalah sebuah SEO (Search Engine Optimization). Mesin pencarian terbesar di dunia yaitu Google sudah menyediakan banyak pilihan untuk mengoptimalkan SEO kita. Kita harus mampu membuat sebuah kata kunci yang mudah dan tentu saja dikenali banyak orang. Salah satu fasilitas Google untuk SEO adalah Google Adwards. Cobalah untuk membuat sebuah kata kunci yang mudah dikenali Google dan juga dikenali oleh Masyarakat.

[Baca juga : 50 Tips Terkini untuk SEO Google]

Memulai bisnis di internet bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit untuk dipelajari. Selain harus mampu membaca pasar, kita juga harus mampu memanfaatkan fasilitas dan media yang sudah ada di internet. :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 5 Langkah Sukses Berbisnis di Internet



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment