Sebenarnya ada satu hal yang menandakan ide sebuah bisnis adalah hebat, yaitu produk atau layanan dari bisnis tersebut diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar. Mungkin banyak para pebisnis pemula yang berpikir bahwa ide bisnis yang baik haruslah unik dan tak ada bandingannya.
Padahal, kenyataannya tidak harus selalu begitu. Shreen Shermak, CEO Launch Angeles, mengatakan bahwa jika seseorang menciptakan solusi ketika tidak ada masalah, maka upaya pemasaran sehebat apapun tak akan menciptakan sebuah bisnis yang besar.
Berikut empat pertanda yang bisa kita jadikan acuan untuk mengetahui apakah ide bisnis kita cukup hebat.
Menjangkau pasar yang luas atau pasar yang berlipat. Ide bisnis bisa dikatakan hebat apabila pasarnya bisa dengan mudah diidentifikasi dan diukur. Menurut Shermak, ide bisnis dibilang hebat jika pemilik ide bisa menggambarkan demografi pasar dan jumlah pasar cukup besar untuk menghasilkan uang.
Ciri lain dari ide bisnis yang hebat adalah produk atau layanan bisnis bisa berlaku di pasar lainnya. Misalnya, jika sebuah bisnis bisa sukses di pasar Jakarta, maka bisa juga sukses di pasar Makassar.
Berkembang dan menyebar dengan cepat dan mudah. Wade Gilchrist, konsultan startup dan host TechStartRadio, menilai bahwa ide bisnis yang membutuhkan waktu satu tahun atau lebih untuk berkembang bukan termasuk ide bisnis yang baik.
Hal ini karena lanskap teknologi masa kini berubah dengan cepat sehingga peluang tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Ada pun ide bisnis yang mudah berkembang biasanya berupa consumer product karena dibutuhkan dan mudah didapat oleh masyarakat.
Hasrat. Ciri lain ide bisnis yang hebat adalah kita sebagai pelaku bisnis memiliki hasrat atau passion dalam mengerjakannya. Hasrat menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Hasratlah yang dibutuhkan pada tahap awal bisnis untuk bisa melangkah lebih jauh.
Mampu bersaing. Menurut Shermak keberadaan kompetitor sebenarnya pertanda bahwa sebuah ide bisnis merupakan ide bisnis yang baik. Keberadaan kompetitor bisa jadi menandakan bahwa pasar sebuah bisnis tersedia luas. Hanya saja yang menjadi kunci di sini adalah eksekusi, bagaimana sebuah bisnis bisa berjalan dengan adanya kompetitor.
Kalau kamu merasa ide bisnis kamu nggak unik, coba cek kembali apakah keempat ciri tersebut ada dalam ide bisnis kamu. Jika ya, maka percaya dirilah bahwa bisnis kamu berpotensi untuk sukses.
(Businessnewsdaily)
sumber : Kata Siapa Bisnis Harus Selalu Unik? Kenali Ciri Ide Bisnis yang Hebat
Baca selengkapnya di --> Kata Siapa Bisnis Harus Selalu Unik? Kenali Ciri Ide Bisnis yang Hebat
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment