Wednesday, 20 August 2014

Salah satu hal yang harus diperhatikan dan harus ada dalam sebuah bisnis online adalah adanya ekspedisi pengiriman barang. Karena bisnis online memiliki sistim yang berbeda daripada bisnis yang biasa. Pelanggan akan memesan dan membayar melalui online, dan mereka akan menunggu barang yang dipesan datang. Jasa pengiriman barang harus dimiliki oleh sebuah bisnis online yang sudah memiliki jangkauan cukup luas. Karena kita tentu tidak akan menyanggupi pesanan yang cukup jauh dari tempat kita. Nah namun bagaimana tips memilih layanan ekspedisi atau pengiriman yang baik bagi bisnis online Anda? Berikut ini tipsnya untuk Anda:

1. Sesuaikan produk Anda dengan jasa pengiriman

Sebelum Anda memilin jasa pengiriman apa yang akan Anda gunakan dalam bisnis online Anda, maka Anda harus mencocokkan terlebih dahulu produk yang Anda jual dengan jasa pengiriman tersebut. Jasa ekspedisi saat ini sudah sangat beragam, ada yang mengirim barang melalui jalur darat, laut dan udara. Dari masing – masing jalur pengiriman tentu memiliki fungsinya masing – masing. Seperti ketika mengirimkan melalui jalur udara, berarti barang yang dikirim tidak terlalu banyak atau berat dan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Nah, dari sini Anda bias memperkirakan ingin menggunakan jasa pengiriman yang mana untuk produk yang Anda jual.

2. Ketahui kekurangan dan kelebihan

Setiap jasa pengiriman atau jasa ekspedisi barang tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Ada yang lambat tapi murah, cepat tapi mahal, dan lain sebagainya. Untuk itu ketika bisnis online kita ingin mencari yang cepat, murah tapi dengan kualitas yang baik kita juga harus jeli melihat jasa pengiriman mana yang memang cocok untuk bisnis kita.

3. Memiliki jaringan cukup luas

Jika memilih jasa pengiriman tentu yang memiliki jaringan luas. Karena bisnis online tentu tidak akan hanya beroperasi pada satu provinsi atau kota saja. Bahkan seluruh Indonesia akan tahu tentang bisnis online kita. Dan ketika ada pesanan dari tempat yang jauh, jasa pengiriman Anda harus mampu menjangkaunya. Dan tentu saja mampu memberikan informasi yang tepat tentang berapa biaya yang harus dibayarkan nantinya.

4. Mudah untuk diakses setiap status pengirimannya

Terkadang pelanggan kita tidak sabar menunggu waktu pengiriman barang yang mereka pesan. Kita juga demikian, akan ada perasaan was was ketika mendapat pesan bahwa barang yang dipesan belum juga datang. Untuk itu kita harus sering – sering memeriksanya di jasa pengiriman barang toko online kita. Nah, salah satu yang harus kita perhatikan sebelum memiliki jasa pengiriman adalah dengan melihat apakah mereka memiliki fasilitas untuk dapat melihat status pengiriman barang saat itu. Jika tidak maka cobalah untuk mencari jasa pengiriman lainnya. Karena pengecekan status barang sangat dibutuhkan.

5. Mudah untuk dihubungi ketika terjadi complain

Yang terakhir adalah mencari jasa pengiriman yang mduah untuk dihubungi ketika ada sebuah complain. Jangan sampai Anda kebingungan untuk menghubungi jasa pengiriman tersebut bila ingin complain. Anda harus bisa menghubungi mereka baik via telepon, chating, email, atau yang lainnya. Alamat yang ada harus jelas dan benar.

Baca juga:

Sudahkah Bisnis Online Anda Menjalankan Prinsip 5W+1H?

Perlukah Menggunakan Payment Gateway untuk Bisnis Online Anda?

10 Alternatif Model Bisnis Online



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Tips Memilih Jasa Pengiriman untuk Bisnis Online



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment