Tuesday 26 August 2014

Tidak ada yang menyangkal jika bekerja setiap hari membuat kita bosan dan lelah. Banyak yang berkta jika pekerjaan mereka tidak memberikan waktu istirahat bagi tubuh dan pikiran mereka. Tapi sebenarnya ini bukan karena pekerjaan dan tugas yang diberikan. Tapi lebih kepada kita yang tidak bisa mengatur waktu dan menjaga pola hidup yang baik. Dari situ tidak sedikit yang merasa pekerjaan mereka tidak pernah selesai dan akhirnya mengurangi jatah istirahat mereka. Tapi ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk sekedar mengurangi kelelahan berlebih saat bekerja.

1. Mengambil istirahat setiap 20 menit sekali

Terkadang kita merasa pekerjaan yang dikerjakan tidak pernah selesai dan memakan seluruh waktu Anda. Itulah yang terkadang membuat Anda merasa tegang dan tertekan saat bekerja. Cobalah untuk mengambil waktu istirahat di sela – sela pekerjaan Anda. Cukup 5 menit saja dari setiap 20 menit yang Anda gunakan untuk bekerja. Anda bisa menggunakannya untuk berkeliling di ruangan, mengambil udara bebas, pergi ke kamar mandi, atau mengambil air ke dapur. Ini akan membuat Anda melihat hal yang berbeda dan tidak menutup kemungkinan akan memberikan Anda ide baru saat kembali bekerja.

2. Gunakan hari sakit dan hari libur dengan lebih bijaksana

Jika tiba saatnya Anda mengambil cuti atau meminta ijin karena sakit, itu artinya Anda harus benar – benar menggunakan waktu istirahat dengan baik. Begitu juga ketika hari libur, Anda harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Karena waktu ini memang khusus diberikan untuk Anda yang sudah bekerja 5-6 hari dalam seminggu. Anda butuh waktu untuk istirahat dan merefleksian diri Anda. Usahakan untuk tidak menengok pekerjaan barang sedikitpun. Karena ini akan mengurangi kualitas waktu istirahat Anda.

3. Latihan olahraga ringan di tempat kerja

Rasa lelah berlebih dan pekerjaan yang bertumpuk terkadang membuat waktu berolahraga Anda menjadi berkurang atau bahkan hilang. Karena setiap Anda lelah Anda akan langsung istirahat tanpa ingat betapa pentingnya berolahraga. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk sedikit berolahraga ringan. Mulai dari berjalan – jalan di dalam ruangan, melakukan sedikit pemanasan sebelum bekerja atau saat isirahat. Atau bahkan Anda bisa menggunakan anak tangga saat hendak menuju ke ruangan dalam beberapa hari sekali. Ini akan membuat Anda merasakan olahraga dengan cara yang mudah dan tentu saja tanpa mengurangi jatah waktu kerja Anda.

4. Cukup tidur

Ini salah satu yang paling penting dalam menjaga tubuh dan kesehatan. Sekalipun Anda sibuk dalam pekerjaan Anda di kantor, bahkan saat Anda merasa tidak memiliki waktu istirahat. Anda harus tahu jika Anda masih memiliki waktu tidur yang harus dimanfaatkan dengan baik. 7-8 jam sehari sudah cukup seharusnya untuk mengembalikan stamina Anda yang hilang setelah bekerja seharian. Gunakan waktu tidur Anda dengan baik dan buatlah bermanfaat.

5. Bergaul dengan teman – teman

Bahkan Anda bisa menjadikan waktu berkumpul bersama teman sebagai obat pembangkit stamina Anda yang hilang karena lelah bekerja. Rasa bosan, stress dan lelah tentu akan Anda dapatkan ketika dihimpit dengan banyak tuntutan. Anda bisa menggunakan waktu libur untuk bertemu dengan teman dan menjadikan waktu itu lebih berkualitas. Mulai dari hanya mengobrol, bercerita hingga jalan – jalan bersama mereka. Gunakan waktu itu untuk bersosialisasi dengan orang – orang yang berbeda dengan Anda.

6. Pindah ke dekat kantor

Bagi Anda yang merasa banyak membuang waktu di jalan karena lokasi rumah dan kantor sangat jauh, Anda bisa pindah dan memilih rumah yang lebih dekat dengan kantor. Ini akan membuat Anda memiliki banyak waktu untuk bekerja, beristirahat atau bahkan waktu untuk bersenang – senang. Patikan Anda memiliki kenyamanan untuk membuat Anda mudah dalam bekerja.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

35 Tips Mendirikan Bisnis Sendiri bagi Para Pemula

7 Rahasia untuk Semangat Bekerja Setelah Berlibur 

15 Aktivitas yang Membuat Anda Menjadi Pekerja Sukses



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Tips Menangkis Kelelahan saat Bekerja



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment