Monday 29 September 2014

Danny Baskara Kopdar

Di acara Kopdar Toko Online RPX 27 Agustus 2014 lalu, Danny Baskara, Founder Evoucher.co.id memberikan sharingnya mengenai Customer Experience in Ecommerce. Buat yang belum hadir di acara Kopdar tersebut, yuk disimak sharing dari Danny Baskara berikut ini!

Kebanyakan orang-orang yang membuat online shop mengeluh, "Kenapa sih engga ada yang beli di website saya?"

Jawabannya simple, yaitu karena kebanyakan customer lebih memilih melakukan transaksi di social media, seperti BBM, Line, Facebook, Instagram, dll. Kenapa bisa seperti itu?

Seperti yang diketahui, 80% pengguna internet di Indonesia masih ragu-ragu dalam berbelanja online sampai hari ini. Tapi sesungguhnya 80% orang-orang ini adalah market yang sangat besar. Karena 80% ini adalah market yang besar, apa yang harus dilakukan oleh online shop supaya customer ini tidak ragu-ragu lagi? Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan oleh Online Shop untuk menciptakan kepercayaan kepada customer.

  1. Sertakan a alamat. Kebanyakan pemilik online shop, takut memberikan alamatnya, padahal ini penting agar customer bisa lebih percaya jika anda menyertakan alamat.
  2. Minimal ada logo Visa atau Mastercard
  3. Press release. Anda harus coba merilis berita mengenai online shop anda di blog-blog atau media-media .
  4. Berapa banyak followers dan likers anda di social media juga mempengaruhi kepercayaan customer kepada online shop. Jika di social media jumlah followers atau likers tidak ada, customer akan menjadi ragu-ragu. Jadi ketika anda memiliki online shop, anda harus mulai membuka akun social medianya juga. Biasanya, customer seringkali membandingkan online shop A dengan online shop B dari jumlah followers atau likers di social media.
  5. Live Chat, customer akan merasa lebih nyaman karena ada yang menjawab langsung pertanyaan-pertanyaan mereka.

Nah, untuk mencipatakan customer experience, Anda seharusnya mengarahkan pembeli-pembeli anda di BBM, Line, Whatsapp, Facebook, Instagram, dll, ke website anda. Mengapa?

  1. Jika Customer membeli dengan Shopping Cart via website selanjutnya mereka akan membeli kembali melalui shopping cart
  2. Pembelian via Shopping Cart akan mudah Scale dan di monitoring. Bayangkan dalam sehari ada 500 order dan semuanya melalui BBM, misal BBM1, BBM2, BBM3, dst, pasti akan kewalahan untuk mendatanya.

Shopping site akan membuat online shop anda bertambah besar. Semua itu hanya membutuhkan kebiasaan, jika anda mulai membiasakan customer berbelanja di website, tentunya customer akan lebih senang berbelanja melalui website, apalagi jika proses ordernya singkat dan mudah.

Ketika customer belanja melalui website, step-step di website anda juga harusnya dipersingkat, jika terlalu banyak step, pembeli akan merasa bingung. Customer bukannya tidak ingin belanja, tapi dia merasa bingung karena step yang terlalu panjang. Selain itu harus ada customer service untuk membantu customer jika mengalami kesulitan dan yang terakhir harus ada panduan belanja.

Nah, berikut video liputan Kopdar RPX:



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Liputan #KopdarRPX: Sharing Customer Experience in Ecommerce oleh Danny Baskara

Baca selengkapnya di --> Liputan #KopdarRPX: Sharing Customer Experience in Ecommerce oleh Danny Baskara



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment