Monday 29 September 2014

Ini Presiden Paling Miskin di Dunia – Seorang pejabat negara, apalagi dengan jabatan sebagai seorang Presiden pastilah hidup tenang di rumah yang mewah dan dikelilingi oleh berbagai lapisan keamanan yang membuatnya merasa sangat aman dan nyaman. Kebanyakan seorang Presiden di suatu negara memiliki kehidupan yang mewah dan menjadi idaman hampir banyak orang di dunia ini, tapi tidak demikian halnya dengan presiden yang satu ini, Jose Mujica.

Jose Mujica, sang Presiden dari Uruguay ini memiliki gaya hidup yang sangat berbeda dengan presiden pada umumnya.

Telah selama lebih dari 30 tahun, Presiden Uruguay ini tinggal bersama sang istri di sebuah rumah kecil di peternakan di dekat ibu kota Montevideo, Uruguay. Rumah yang ditinggali oleh sang Presiden ini hanya memiliki satu kamar tidur.

Dikutip dari Suara, sebenarnya sang Presiden sendiri menerima gaji yang tidak bisa dibilang sedikit,  ia menerima gaji sebesar Rp144,5 juta perbulannya. Tetapi, ia memberikan 90 persen dari gajinya untuk amal. Tak heran dengan sisa gajinya tersebut, ia dijuluki presiden termiskin di dunia.

Ia juga salah satu dari sekian presiden yang sangat dicintai rakyatnya dengan kebijakan-kebijakannya yang kerap mengundang kontroversi.

Beberapa kebijakannya adalah melegalkan ganja, pernikahan sesama jenis dan aborsi. Untuk pengamanan, ia tak meminta banyak orang. Hanya dua orang polisi dan Manuela, anjing berkaki tiga. Sehari-harinya, ia hanya mengendarai mobil mungilnya, VW Beetle.

Jose Mujica memiliki masa lalu yang agak menarik. Ia adalah pimpinan kelompok gerilyawan pada tahun 1960-an. Untuk membiayai perjuangannya, ia tak segan merampok bank. Sempat dipenjara selama 13 tahun sebelum akhirnya dilepaskan pada 1985 karena mendapat amnesti.

Ia juga dikenal sebagai seseorang yang selalu bicara blak-blakan. Dalam pidatonya saat konferensi Rio +20 pada 2012, ia secara gamblang melakukan kritik pedas terhadap konsumerisme. Pidato yang diunggah di Youtube ini ditonton oleh lebih dari 3 juta orang.

presiden paling miskin

Jose Mujica (image.Mario Goldman/EPA/Getty)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Ini Presiden Paling Miskin di Dunia

Baca selengkapnya di --> Ini Presiden Paling Miskin di Dunia



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment