Tahukah anda bahwa Google memiliki fitur bernama Our Mobile Planet dimana anda bisa mengetahui dan menemukan berbagai macam data yang terkait dengan dunia mobile? Dengan memanfaatkan Our Mobile Planet, semua data yang terkait dengan dunia mobile bisa anda dapatkan dengan sangat mudah, bahkan anda juga bisa membandingkan data-data tersebut dengan negara lain di dunia ini. Data-data ini bersumber tidak hanya dari Google, namun juga dari perusahaan periklanan yang juga bekerja sama dengan Google, sebut saja diantaranya adalah Ipsos dan Mobile Marketing Association. Adapun data yang bisa anda dapatkan dalam fitur ini adalah seperti jumlah penetrasi smartphone pada suatu negara, jumlah penggunaan internet melalui perangkat mobile, jumlah orang yang pernah berbelanja online melalui perangkat mobile mereka, dan masih banyak lagi. Semua data tersebut bisa anda temukan di Our Mobile Planet. Jadi, bagi anda yang mungkin sedang melakukan suatu riset tentang dunia mobile khususnya di Indonesia ataupun ingin mengembangkan suatu aplikasi mobile, saya sarankan untuk terlebih dahulu melihat data-data yang tersedia dalam platform ini, karena bisa saja data yang pernah anda dengar sebelumnya, tidak sama dengan apa yang dimiliki Google. Data di bawah ini menjelaskan bahwa 80% dari pengguna smartphone di Jepang menggunakan internet setiap harinya selama satu minggu penuh (7 out of 7), sedangkan di Indonesia baru mencapai 61%. Anda melihat di negara lain banyak aplikasi smartphone yang sukses lalu anda berpikir untuk membuatnya di Indonesia? Sebelum melakukannya, coba perhatikan data di bawah ini. Data di bawah ini menjelaskan bahwa penetrasi smartphone di Indonesia hanya mencapai 14%, sedangkan Jepang yang terkenal dengan kecanggihan teknologinya pun hanya 25%. Masih kalah jauh dengan beberapa negara di Asia lainnya (Note: Data smartphone penetration di Jepang yang hanya mencapai 25%, ini cukup membingungkan. Kenapa? Karena ternyata orang Jepang lebih banyak menggunakan feature phone, yang mana handphone ini dikenal cukup canggih di Jepang). Apakah anda masih berpikir untuk menjiplak aplikasi luar negeri yang sukses dan membuatnya dengan nuansa lokal setelah melihat data di atas? Nah berikut ini adalah data dari jumlah aplikasi yang di-install di smartphone. Masih berkaitan dengan aplikasi di smartphone, data di bawah ini membandingkan pengguna sosial media di berbagai negara di Asia. Dikarenakan China memiliki search engine dan sosial media buatan mereka sendiri, jadi wajar saja bahwa Google, Facebook dan Twitter tidak berkembang di sana. Data di bawah juga menjelaskan bahwa Facebook masih mendominasi sosial media dengan pengguna terbesar di dunia. Berikut ini adalah data tentang penggunaan smartphone berdasarkan lokasi si pengguna. Ternyata, 83% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan smartphone saat mereka sedang berada di kantor, mungkin inilah yang menjelaskan kenapa banyak transaksi terjadi di toko online saat jam kantor. Namun angka ini masih kalah dengan jumlah penggunaan smartphone saat mereka sedang bepergian atau sedang berada dalam suatu perjalanan yang mencapai 88%. Terakhir, data di bawah ini menggambarkan berapa persen pengguna smartphone yang berselancar di internet saat mereka sedang menonton TV. Data-data di atas adalah sebagian kecil dari data yang bisa anda temukan di Our Mobile Planet. Untuk menemukan data yang lebih lengkap sesuai dengan yang anda inginkan, anda bisa mengunjungi website resmi Our Mobile Planet. Baca juga: Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Saat Ini Empat Alasan Kenapa Indonesia Adalah Pasar E-Commerce Yang Paling Membingungkan di Dunia 7 Tren E-Commerce di Tahun 2014 yang Perlu Diperhatikan Oleh Pelaku Bisnis Kecil
sumber : Dengan Fitur Our Mobile Planet dari Google Anda Bisa Melihat Banyak Data Industri Mobile
Baca selengkapnya di --> Dengan Fitur Our Mobile Planet dari Google Anda Bisa Melihat Banyak Data Industri Mobile
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment