Wednesday 24 September 2014

produktivitasBekerja terus menerus tak baik bagi produktivitas. Para peneliti dari University of Toronto menemukan bahwa beristirahat secara berkala justru bisa meningkatkan produktivitas. Berdasarkan keterangan salah seorang peneliti John Trougakos ketika energi fisik kita menurun, begitu pula dengan energi psikologis kita. Intinya, ketika kita bekerja hingga titik lelah fisik kita, maka kita tidak akan bisa tampil lebih baik dan fokus.

Jadi, adakah resep khusus untuk rileks dan mengisi kembali energi tubuh kita?

Berdasarkan peneliti dari Draugiem Group, ada resep khusus untuk produktivitas terbaik yaitu bekerjalah setiap 52 menit dan beristirahatlah selama 17 menit di antaranya. Resep tersebut tidak sembarangan dibuat.

Perusahaan tersebut menganalisa kebiasaan kerja dari pegawainya yang produktif. Mereka menemukan bahwa performa paling produktif berasal dari pegawai mereka yang menjauh dari layar komputer sealam 17 menit setiap jamnya dan melakukan kegiatan offline, seperti berjalan, bercakap-cakap dengan rekan sejawat, dan sejenisnya.

“Ternyata rahasia mempertahankan tahap tertinggi dari produktivitas sepanjang waktu kerja adalah dengan tidak bekerja keras terus menerus – tapi bekerja pintar dengan jeda istirahat berkala,” tulis Julia Gifford, seorang pegawai Draugiem Group, dalam situs The Muse ketika memaparkan tentang riset perusahaannya tersebut.

Dalam riset tersebut sebanyak 10% pegawainya yang menampilkan produktivitas terbaik cenderung mendedikasikan waktu selama 52 menit untuk benar-benar bekerja dan ketika beristirahat selama 17 menit mereka benar-benar lepas dari aktivitas pekerjaannya.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan gaya bekerja seperti ini. Yang paling utama adalah tingkat produktivitas. Bekerja untuk waktu yang lama bisa merusak tingkat keterlibatan dengan pekerjaan tertentu. Pekerjaan yang sifatnya berulang bisa menyebabkan kebosanan kognitif yang menghentikan kemampuan kita untuk mengembangkan sesuatu. Cara terbaik untuk menyegarkan fokus adalah dengan beristirahat.

Ditambah lagi, tubuh manusia tidak dirancang untuk duduk selama delapan jam dan penelitan menunjukkan bahwa beristirahat dari duduk terus menerus bisa meningkatkan produktivitas. Jalan-jalan kecil atau peregangan otot sederhana bisa jadi salah satu caranya.

Nah, ingin produktivitas membaik? Coba praktikkan gaya bekerja seperti di atas secara konsisten dan rasakan hasilnya.

(Berbagai sumber)

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Ingin Produktivitas Terbaik? Beristirahatlah Selama 17 Menit Saja

Baca selengkapnya di --> Ingin Produktivitas Terbaik? Beristirahatlah Selama 17 Menit Saja



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment