Thursday 25 September 2014

Menjadi seorang pensiunan, tak membatasi mereka untuk terus berkarya dan menghasilan. Meski pada dasarnya, seharusnya mereka sudah bisa merasakan hasil jerih payahnya saat masih produktif. Memulai usaha di masa pensiun, memberikan mereka kesibukan baru yang lebih berguna.  

Ada banyak pilihan bisnis yang dapat digeluti saat pensiun. Anamun, banyaknya pilihan membuat bimbang menentukannya. Karakteristik pilihan bisnis yang cocok bagi para pensiunan adalah sektor usaha yang tidak berisiko tinggi. Agar masa pensiun tidak lagi berfikir terlalu keras. Berikut pilihan usaha yang bisa dipilih bagi seorang pensiunan.

Bisnis di Sektor Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang sangat tepat bagi para pensiunan. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan biasanya disenangi sebagian besar orang tua. Terlebih kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar, sementara produsen yang ada saat ini belum menyerapnya secara maksimal.

Contoh bisnis: Peternakan ayam kampung, ikan lele, makanan organik, membudidayakan ikan hias, atau tanaman hias

Bisnis di Sektor Properti

Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang property. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang. Enaknya lagi, dapat dijalankan dengan santai dari rumah. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Atau bisa berbisnis jasa penginapan dengan penyesuaian lokasi tentunya.

Contoh bisnis: Mendirikan rumah kontrakan/ Guest house, kost-kostan, atau bentuk penginapan yang lainnya.

Bisnis di Sektor Sarana Transportasi

Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dewasa ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang bisa dibilang sangat menjanjikan bagi seorang pensiunan. Sama seperti bisnis property, bisnis di sektor sarana transportasi pun dapat dijalankan atau dilakukan dengan santai dari rumah saja.

Contoh bisnis: Jasa antar jemput anak sekolah, penyewaan mobil, motor, sepeda maupun kendaraan besar sekalipun.

Bisnis Sesuai Dengan Hobi

Tentunya bisnis ini akan dijalankan dengan hati senang, karena bisnis jenis ini sesuai dengan hobi serta keahlian pelakunya. Misal pelakunya senang menulis, ia bisa mencoba menulis buku atau karya tulis yainnya yang menjual. Dari suka menulis, bisa timbul hobi membaca. Maka akan sejalan dengan bertambahnya koleksi buku yang dikumpulkan dan bisa dijadikan sebuah bisnis.

Contoh bisnis: Membuka toko perlengkapan olah raga, alat-alat tulis, penyewaan, kaset film, peralatan fotografi, dan lain-lain.

Apapun pilihan bisnis apa yang ambil, pilihlah dengan bijak. Semoga beberapa pilihan di atas dapat membantu dan menginspirasi dalam mengambil keputusan.

 

Muhamad Nur Hasan



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Pilihan Bisnis untuk Pensiunan

Baca selengkapnya di --> Pilihan Bisnis untuk Pensiunan



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment