Friday 26 September 2014

Mocona Falls, Air Terjun Terlebar di Dunia – Mungkin Niagara memang merupakan air terjun paling populer di dunia. Tapi soal ukuran, Niagara Falls masih kalah jika dibandingkan dengan Mocona Falls. Mocona Falls, Air terjun yang berlokasi di Provinsi Misiones, Argentina, ini lebarnya mencapai 3 km.

Salah satu keunikan Mocona Falls selain lebarnya yang hingga 3 km juga punya keunikan lain yang tidak dimiliki air terjun lainnya, yaitu airnya tidak langsung “terjun” menuju sungai Urugay yang berada di bawahnya tapi air dari Mocona Falls malah mengalir membentuk sebuah sungai bak tirai air yang sangat panjang.

Dikutip dari Amusing Planet melalui Vivalife, Mocona Falls adalah satu-satunya air terjun di dunia yang bergerak paralel bersama sungai.

Ditempat asalnya, Mocona Falls juga dikenal dengan nama Yucumã. Ada sejarah unik yang mengiringi nama Yucuma ini. Arti nama Yucumã adalah “kejatuhan yang besar”, sementara Mocona, yang diambil dari bahasa Guarani, punya arti “menelan segalanya”.

Air terjun Mocona Falls memiliki dua nama karena air terjun Mocona berada di wilayah perbatasan antara Argentina dan Brasil. Di Brasil, air terjun itu disebut Yucumã, sementara di Argentina, air terjun itu dinamakan Mocona.

Sementara, dari segi usia, Mocona Falls diperkirakan terbentuk di zaman es. Saat musim kemarau, pengunjung bisa berkunjung ke ngarainya yang memiliki kedalaman hingga 100 meter. Ada kalanya, air terjun besar ini bersembunyi dari pandangan pengunjung. Kira-kira selama 150 hari setahun, ketika sungai Uruguay meluap, Mocona Falls hanya terlihat seperti sebuah pusaran air besar, namun ketika permukaan sungai menyurut, tirai air Mocona Falls terbentuk kembali hingga belasan meter.

Sebuah area perkemahan di taman nasional Yabotí Biosphere Reserve disediakan oleh pemerintah Argentina bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam air terjun terlebar di dunia ini. Selain menggunakan tenda, pengunjung juga bisa menginap di berbagai pondok kayu yang didirikan di dekat ngarai. Terdapat juga berbagai macam aktivitas seru di area wisata Mocona Falls, seperti rafting, kano, kayak, outing dan safari sepanjang aliran sungai air terjun Mocona. Anda berminat untuk berwisata kesana ?

Foto Air Terjun Mocona Falls

air terjun mocona

image.amusingplanet

air terjun paling lebar

image.amusingplanet

mocona

image.amusingplanet



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Mocona Falls, Air Terjun Terlebar di Dunia

Baca selengkapnya di --> Mocona Falls, Air Terjun Terlebar di Dunia



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment