Tuesday 30 September 2014

10 Makanan Pencuci Darah – Setiap orang harus bisa menjaga pola makannya sehari-hari. Pola makan yang tidak sehat bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Bisa ditebak, tekanan darah pun bisa melonjak drastis dan akibatnya, bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meluruhkan kadar LDL dalam darah.

Dikutip dari Suara, beberapa makanan berikut ini bisa ‘mencuci’ darah Anda dengan cara meluruhkan LDL dalam darah.

1. Semangka
Bisa jadi ini buah murah yang sehat. Selain kaya air, semangka juga mengandung L-citrulline yang membantu tubuh memproduksi nitric-oksida yang bisa melebarkan pembuluh darah.

2. Biji-bijian
Serat yang bisa larut di biji-bijian, seperti gandum, nasi merah dan oatmeal diyakini bisa mengikat kolesterol dan melarutkannya keluar dari tubuh. Khusus untuk oatmeal, tidak selalu dibuat bubur Anda juga bisa menjadikannya sebagai camilan.

3. Minyak zaitun
Ini karena lemak tak jenuhnya lebih sehat. Tetapi meski ini pilihan sehat, tetap hati-hati dalam menggunakannya karena bagaimanapun semua jenis lemak mengandung kalori yang lebih besar.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangaan seperti almond mengandung lemak tak jenuh, vitamin E dan serat. Sedangkan kacang walnut mengandung asam lemak omega-3 yang disebut alpha-linolenic yang dapat mengurangi kadar LDL.

5. Ikan
Ikan seperti mackerel, herring, tuna dan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Makan ikan ini dua kali seminggu akan mengurangi risiko serangan jantung sekaligus mendongkrak HDL.

6. Brokoli
Brokoli banyak mengandung vitamin K yang membantu menyerap kalsium untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusah. Selain itu brokoli juga banyak mengandung serat yang secara tidak langsung akan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

7. Buah persik
Ketimbang mengonsumsi apel impor, ada baiknya mulai saat ini Anda mulai mengonsumsi buah persik. Kandungan serat dan antioksidannya jauh lebih tinggi dibanding apel. Penelitian juga mengungkap zat polyphenols yang dikandungnya dapat menurunkan kadar LDL.

8. Kayu manis
Cukup dengan satu sendok teh bubuk kayu manis, maka tumpukan lemak di pembuluh darah Anda akan tergerus. Penelitian mengungkap menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke teh Anda bisa menurunkan kadra kolesterol hingga 26 persen.

9.Kopi
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda, orang yang mengonsumsi dua cangkir kopi sehari risiko terkena serangan jantung turun hingga 20 persen. Tetapi Anda harus menjaganya agar tidak melebihi empat cangkir sehari, karena ini justru bisa membahayakan jantung.

10. Teh hijau
Teh hijau kaya akan katekin, zat yang terbukti mampu mendongkrak penyerapan kolesterol jahat dari dalam darah. Bonusnya, minum teh hijau secara teratur bisa mencegah kanker dan kegemukan.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : 10 Makanan Pencuci Darah

Baca selengkapnya di --> 10 Makanan Pencuci Darah



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment