Thursday 25 September 2014

online-shopping

Terkadang hal kecil seperti mengirimkan suatu ucapan terima kasih atau memilih produk yang terkait untuk ditampilkan di halaman detil produk bisa menghasilkan dampak positif pada suatu bisnis e-commerce atau toko online.

Pasti ada strategi bisnis dan software yang hebat yang bisa memberikan anda solusi untuk membantu bisnis anda. Tapi bagaimana dengan hal-hal kecil yang bisa anda lakukan hanya dalam beberapa menit saja atau mungkin beberapa jam yang bisa membantu pertumbuhan bisnis toko online anda?

Berikut ini adalah tujuh hal kecil yang bisa anda kerjakan sekarang juga.

1. Upsell dan Cross-sell

Hampir setiap platform e-commerce menawarkan suatu cara agar penjual bisa menampilkan produk yang relevan.

Jika suatu pemilik atau manager bisnis e-commerce sedang mencari suatu cara untuk memanfaatkan hal ini, sebaiknya segeralah menambahkan produk upsell dan cross-sell pada produk-produk yang ada di website anda, atau anda akan kehilangan banyak penjualan jika tidak melakukan hal ini.

Upselling adalah suatu cara untuk mendorong customer untuk membeli produk yang mirip dengan produk yang sedang ia lihat saat itu, tapi produk tersebut memiliki harga jual atau margin yang lebih tinggi. Sedangkan cross-selling adalah proses untuk mendorong customer agar mereka mau membeli produk pelengkap dari produk yang baru saja mereka beli atau produk yang menarik bagi mereka.

Dalam kenyataannya, upsell dan cross-sell yang ditawarkan dalam suatu toko online ditampilkan pada halaman detil produk atau selama proses checkout.

Dengan menggunakan data yang anda miliki, coba tawarkan produk upsell dan cross-sell yang memiliki tingkat kemungkinan yang tinggi agar customer terdorong untuk menambahkan barang itu ke dalam keranjang belanja mereka, ini akan meningkatkan jumlah harga pada pesanan mereka.

Bagi penjual online, terkadang anda tidak perlu mengganti software untuk melakukan hal ini, anda hanya membutuhkan sedikit riset agar anda bisa menampilkan produk yang tepat.

2. Segera jual produk yang memiliki siklus perputaran yang lambat

Produk dengan perputaran yang lambat yang hanya tergeletak di gudang anda bisa mengurangi cashflow anda dan memperlambat pertumbuhan bisnis anda. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak toko offline melakukan diskon besar-besaran, dan inilah kenapa anda sebagai pemilik toko online juga harus melakukannya.

Cari produk anda di gudang anda yang:

  • Terjual kurang dari sekali selama tiga bulan
  • Merupakan produk musiman
  • Cepat hancur atau mudah membusuk
  • Yang telah digantikan dengan model atau versi yang terbaru
  • Atau produk yang tidak terjual secara online dalam sebulan atau lebih

Tawarkan produk-produk seperti ini dengan harga yang spesial pada situs anda, di marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Elevania, Kaskus) atau bahkan di situs classifieds seperti Olx dan Berniaga.

Cara ini terbukti bisa meningkatkan jumlah uang yang masuk ke dalam kantong anda dan merupakan cara yang cepat untuk menjual suatu produk yang tidak begitu laku.

3. Tambahkan fitur live chat

Live chat memungkinkan customer untuk bertanya saat mereka ingin membeli barang di toko online anda. Live chat juga terbukti bisa meningkatkan konversi dan meningkatkan pengalaman berbelanja customer pada toko online anda.

Dengan menawarkan live chat, anda bisa mengetahui masalah apa yang ada pada website dan customer anda. Dan jika anda bisa mengatasi masalah ini, tentu konversi pada situs anda akan meningkatkan secara keseluruhan.

Ada banyak software yang bisa menawarkan anda fitur live chat yang cukup mudah untuk diterapkan pada bisnis anda. Dan juga harganya tidak begitu mahal, bahkan ada yang gratis untuk mendapatkan beberapa fitur dasar.

4. Menambahkan nomor telepon

Live chat memang bisa membantu pemilik bisnis untuk terhubung dengan customer mereka dan meningkatkan konversi, sama halnya dengan menambahkan nomor telepon di website anda.

Sebagai pebisnis, anda bisa memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi di website anda. Jadi, para customer bisa berkomunikasi secara lebih personal kepada anda dan dari sini anda bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan customer.

Anda bisa mencontoh ShopDeca seperti screenshot di bawah ini dimana mereka menampilkan nomor telepon di bagian footer dari website:

shopdeca footer
(Baca juga: Interview Dengan Andreas Thamrin: Bagaimana Awal Mula Berdirinya @ShopDeca di Indonesia)

5. Betulkan website anda

Perusahaan besar pun terkadang bisa melakukan kesalahan (error) pada website toko online mereka dan jika anda segera membetulkannya, anda akan merasakan peningkatan yang cukup signifikan bagi pertumbuhan bisnis anda. Tapi, anda tidak akan bisa mencari tahu bagian mana yang mengalami error hingga anda mulai mencari tahunya sendiri. Coba manfaatkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk menggunakan website anda sama dengan apa yang customer anda lakukan ketika mereka mengunjungi situs anda.

Dalam melakukan hal ini, anda harus memposisikan diri anda sebagai customer yang mencoba mencari barang yang mereka inginkan melalui Google.

Sebagai contoh dalam segi penulisan, kategori roda motor pada toko online Fred Meyer di bawah ini tidak bekerja seperti semestinya.

092314-fred-serp-570x294

Jika anda membuka website-nya melalui hasil pencarian di Google ini untuk frase "fred meyer bike tires" maka hasilnya adalah halaman produk tanpa gambar dari produk tersebut. Sebagai pebisnis toko online, anda pasti tidak mau hal di atas terjadi pada website anda bukan?

092314-fred-cat-570x399

Jika calon customer mengklik produk tersebut, maka mereka akan diantar ke halaman produk yang hancur seperti ini.

092314-fred-detail-page-570x456 092314-fred-detail-of-detail-page-570x370

Menariknya, jika anda mencari kategori roda motor langsung dari website Fred Meyer, maka hasil yang anda dapat akan berbeda dari sebelumnya. Itulah kenapa sebagai pemilik toko online, anda perlu sering melakukan identifikasi pada hal seperti ini untuk memastikan bahwa website anda tidak ada masalah dan dalam keadaan baik-baik saja.

6. Tawarkan pengiriman gratis

Berbagai studi menunjukkan bahwa customer cenderung tidak mau untuk membayar biaya pengiriman.

Jika bisnis anda belum menawarkan pilihan untuk pengiriman gratis, sebaiknya anda coba tambahkan segera. Sebagian besar platform e-commerce memiliki beberapa bentuk pilihan pengiriman gratis, jadi anda bisa mengatur jumlah minimal yang harus dipenuhi customer jika mereka ingin mendapatkan pengiriman gratis. Bagian yang paling susah tentang pengiriman gratis adalah memahami bahwa saat anda mengurangi margin, anda harus meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

7. Kirimkan ucapan terima kasih

Ketika customer sudah memesan produk, kirimkan mereka ucapan terima kasih. Anda bisa menggunakan email dengan bahasa yang lebih personal. Ucapan ini akan berarti banyak bagi customer karena mereka merasa sangat dihargai.

Sumber: PracticalEcommerce.com

Baca Juga:

Apakah Memasang Slider Gambar Itu Diperlukan Dalam Suatu Website Toko Online?

Bagaimana Mendesain Proses Checkout di Toko Online Yang Bisa Menghasilkan Konversi

Studi Eyetracking Menunjukkan Apa Yang Orang Lihat Ketika Berbelanja Online



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : 7 Hal Kecil Yang Bisa Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Toko Online Anda

Baca selengkapnya di --> 7 Hal Kecil Yang Bisa Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Toko Online Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment