Bisnis online atau lebih dikenal dengan istilah e-commerce telah menjadi bagian penting dari perkembangan internet di Indonesia. Data-data menunjukkan perkembangan besar dalam nilai bisnis online yang diprediksi total nilai pasar e-commerce Indonesia pada tahun 2013 mencapai USD 8 miliar atau sekitar Rp94 triliun dan akan terus meningkat mencapai angka USD 24 miliar atau sekitar Rp283 triliun pada tahun 2016.
Sedangkan jumlah orang yang berbelanja secara online tercatat sejumlah 4,6 juta orang selama tahun 2013 dan diperkirakan akan meningkat ke-angka 8,7 juta orang di tahun 2016. Hal ini tentunya belum merupakan angka yang besar jika dibandingkan dengan perkiraan jumlah pengguna internet Indonesia yang mencapai 74 juta, dan ini merupakan tantangan pertama dari perkembangan bisnis online di Indonesia.
TCA (Taipei Computer Association) mencari mitra asosiasi yang bergerak dibidang yang sama di Indonesia dengan harapan bisa terjalin kerjasama baik di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan bidang lainnya yang terkait. Penjajakan tersebut dimulai dengan kerjasama bilateral dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) melalui serangkaian program interaktif seperti kunjungan perusahaan, presentasi bisnis, pertemuan bisnis dan workshop yang diikuti dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara TCA dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).
Kerjasama ini bertujuan untuk sarana edukasi, membuka peluang investasi dan diharapkan menjadi puncak dari serangkaian kegiatan yang pada akhirnya dapat dituangkan dalam MoU atau perjanjian kerjasama antara perusahaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Indonesia dan Taiwan sehingga memperkuat hubungan jangka panjang, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi pasar di Indonesia, dapat membangun bisnis tumbuh lebih cepat, meningkatkan produktifitas dan menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak.
Mengangkat tema "Taiwan E-commerce: Success Story", diharapkan pelaku bisnis ICT di Indonesia juga mendapatkan informasi yang bermanfaat dari negara lain mengenai market overview, model bisnis e-commerce, online retail dan e-travel, e-payment dan lainnya.
Dari kunjungan TCA ke Indonesia melalui pertukaran informasi, promosi yang agresif, demonstrasi produk dan layanan, briefing, kunjungan bisnis dan presentasi khusus di harapkan dapat membantu peserta yang hadir dalam membandingkan solusi side-by-side, dan peserta mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan.
sumber : idEA Bekerjasama dengan TCA untuk Meningkatkan Pertumbuhan E-commerce Indonesia
Baca selengkapnya di --> idEA Bekerjasama dengan TCA untuk Meningkatkan Pertumbuhan E-commerce Indonesia
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment