Tuesday 16 September 2014

Berani terjun dalam dunia usaha, berarti siap menerima segala konsekuensinya. Termasuk berani menghadapi berbagai masalah dalam usaha, bahkan yang dapat menyebabkan kegagalan. Jatuh bangun sudah menjadi hal yang lumrah bagi seorang wirausaha. Hal itulah yang membuat mereka semakin kuat sebagai seorang wirausaha.  

Persoalannya, hanya saja ketika seorang wirausaha tak mampu menyelesaikan masalah yang ada hingga berlarut-larut lamanya. Otomatis hal itu akan membuat usahanya jalan di tempat, dengan kata lain tidak ada kemajuan. Tentu ini merupakan situasi yang amat buruk. Itu juga menandakan seorang wirausaha belum mengetahui solusi dari permasalahannya.

Menjalankan sebuah usaha, berbagai permasalahan akan mulai bermunculan seiring berjalannnya waktu. Mulai dari permasalahan modal, tenaga kerja, bahan baku, bahkan hingga pada persoalan pemasaran produk. Maka beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa permasalahan yang muncul dan harus dihadapi oleh seorang wirausaha.

Masalah Modal

Memiliki ide cemerlang untuk sebuah usaha tanpa dibarengi modal yang mendukung, memang akan susah berkembang. Tapi bagi orang yang kreatif tentu selalu ada jalan keluar. Jika punya ide atau gagasan untuk sebuah usaha, berpikirlah untuk mencari partner atau investor. Hal yang dibutuhkan ialah cara meyakinkan investor dan optimis pada diri sendiri. Jika hanya mengandalkan modal dari keuntungan usaha tentu akan memakan waktu yang cukup lama.

Masalah Tenaga Terampil 

Tak mudah untuk mencari tenaga kerja yang terampil. Oleh karena itu harus adanya pelatihan tersendiri bagi para tenaga kerja. Akan lebih baik dan efisien jika sejak usaha didirikan, sudah ada komitmen bahwa hanya akan merekrut tenaga profesional yang termpil dan bertanggung jawab. Disini lah peran seorang wirausaha sebagai penyeleksi para calon pekerja yang diharapkan.

Masalah Bahan Baku

Sebenarnya masalah bahan baku bisa diatasi dengan kemampuan seorang wirausaha dalam melobi. Wirausahawan bisa menawar harga yang lebih murah jika membeli dengan jumlah banyak pada produsen. Tentunya dalam memilih produsen, dua hal yang harus diperhaitkan, ialah kualitas dari bahan baku itu sendiri dan harganya. Itu bertujuan agar sebuah usaha akan menghasilkan dan dapat bersaing di pasaran. Tetapkan juga standar kualitas bahan baku agar usaha bisa bertahan lama.

Masalah Pemasaran

Ini adalah salah satu faktor paling penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa pemasaran yang baik ide dan gagasan tidak akan bertumbuh secara baik. Pemasaran terdiri atas empat aspek, atau yang lebih dikenal sebagai 4P yaitu Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), Place (tempat). Jika keempat aspek diatas dapat dimanfaatkan, tentu pemasaran lebih mudah dan bisnis akan cepat bertumbuh.

 

 

Muhamad Nur Hasan

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Mengatasi Permasalahan Seorang Wirausaha

Baca selengkapnya di --> Mengatasi Permasalahan Seorang Wirausaha



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment