Tuesday 16 September 2014

wifi

Bagi anda yang suka nongkrong atau bekerja di suatu cafe atau restoran, wifi tentulah menjadi persyaratan utama yang menjadi alasan apakah anda akan memilih tempat itu atau tidak untuk bekerja. Di zaman yang canggih seperti saat ini, kecepatan wifi yang kencang dan stabil merupakan elemen yang harus bisa ditawarkan dalam suatu cafe, hotel, mall, dan bahkan event untuk menarik perhatian orang agar mereka mau mengunjungi tempat tersebut, terlepas dari bagus atau tidaknya tempat itu.

Tapi, sayangnya masih ada saja cafe, mall, dan event yang sampai sekarang belum menawarkan ketersediaan wifi, jikapun ada, kecepatannya tidak bisa diandalkan. Di sebagian tempat makan, Wifi yang kencang belum menjadi prioritas utama. Sebagian besar hal ini disebabkan karena pemilik cafe, mall, hotel, dan event tidak merasakan manfaat yang bisa mereka terima dengan menawarkan wifi tersebut kepada customer. Sebagian dari mereka menganggap bahwa menawarkan wifi dengan kecepatan tinggi hanya buang-buang uang saja karena manfaatnya tidak bisa mereka rasakan secara langsung. Beberapa pemilik tempat belum sadar betapa pentingnya menawarkan wifi yang berkecepatan tinggi kepada customer mereka.

Dan sebagai customer yang sering datang ke cafe untuk mencari wifi, tidak jarang ditemukan customer yang kecewa dengan cafe yang tidak bisa menawarkan wifi berkecepatan tinggi. Padahal selain makanan dan minuman, wifi adalah sesuatu yang penting untuk menarik banyak pengunjung. Tidak hanya itu, setiap cafe juga memiliki password yang berbeda yang harus anda tanya terlebih dahulu kepada pelayan cafe itu sebelum anda bisa menggunakannya, dan ini bisa mempersulit customer dalam menggunakan wifi.

Tapi, bagaimana jika ada suatu platform yang bisa menawarkan kemudahan untuk menggunakan wifi yang berkecepatan tinggi?

wifimu screenshot

Inilah persoalan yang sedang dicoba untuk diselesaikan oleh Wifimu, salah satu pemenang program IdeaBox batch kedua. Wifimu adalah platform untuk memudahkan anda sebagai customer di suatu tempat (cafe, mall, hotel, dan event) untuk menggunakan wifi di tempat itu hanya dengan melakukan login menggunakan akun sosial media anda (Facebook, Twitter, Instagram, Google+). Dengan menggunakan Wifimu, tidak hanya customer yang diuntungkan, pemilik tempat juga ikut menerima manfaatnya karena mereka bisa membahagiakan customer dan mengetahui pola mereka selama berselancar di internet dengan melakukan tracking menggunakan social media amplification.

Apa saja manfaat yang bisa diterima oleh pemilik bisnis/tempat jika mereka menggunakan Wifimu?

Ketika saya bertanya kepada salah satu tim Wifimu di acara Ideabox Batch 2, yaitu Ahmad Zaky, ia menjelaskan, "sistem kerja Wifimu bisa dibilang cukup sederhana, yaitu dengan hanya menginjeksi sistem Wifimu ke router, lalu Wifimu bisa menciptakan custom landing page sesuai dengan apa yang anda (pemilik bisnis/tempat) inginkan dan juga Wifimu bisa mencari tahu pola/karakteristik orang yang menggunakan internet via Wifimu," jelasnya. 

Keuntungan sebagai pemilik bisnis, anda bisa memberikan kupon-kupon gratis kepada customer yang sudah beberapa kali login di tempat anda menggunakan data yang disediakan oleh Wifimu. Anda juga bisa menawarkan diskon-diskon yang menarik kepada customer anda selama mereka menggunakan Wifimu di tempat anda. Tentulah ini akan menjadi nilai tambah tempat anda di mata customer karena anda bisa memanjakan mereka dengan menawarkan penawaran yang menggoda bagi mereka.

Ke depannya, Wifimu akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar, contoh salah satunya adalah perusahaan ISP (Internet Service Provider).

Kendala yang dihadapi

Zaky mengatakan bahwa masalah yang ia hadapi saat ini adalah perlunya sosialiasi atau dengan kata lain mengedukasi para pemilik bisnis betapa pentingnya social media amplification sebagai media untuk mempromosikan suatu bisnis. Ia mengatakan, "dalam waktu dekat kami akan mengadakan beberapa roadshow ke beberapa kota seperti Jogja dan Bali untuk mengedukasi mengenai pentingnya social media amplification. Sasaran utama kami saat ini adalah daerah-daerah yang berpotensi namun belum terjamahkan, diharapkan dengan kehadiran kami, beberapa tempat akan memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi," kata Zaky.

Kendala yang kedua adalah Wifimu masih belum kompatibel dengan beberapa hardware, namun untuk sebagian besar hardware yang banyak digunakan orang, bisa dibilang Wifimu sudah cukup kompatibel.

tim wifimu

Untuk saat ini, bisa dibilang Wifimu tidak memiliki pesaing yang berat, karena beberapa pesaing mereka belum memiliki teknologi secanggih Wifimu. Ini merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan Wifimu supaya bisa mencuri start terlebih dahulu dan menjadi leader di bisnis ini.

Wifimu memang ingin mempercepat dan mempermudah akses internet via wifi di suatu tempat khususnya untuk saat ini tempat makan dan nongkrong. Zaky mengatakan bahwa apabila anda ingin menggunakan Wifimu pada cafe anda, anda harus mengikuti persyaratan dari Wifimu bahwa cafe anda harus bisa menawarkan kecepatan wifi minimal 3Mbps. Ini adalah persyaratan yang ditetapkan Wifimu demi menawarkan kecepatan internet yang tinggi. Zaky berharap bahwa setiap jaringan Wifimu yang nantinya akan anda temui dimanapun memiliki koneksi internet yang sangat bisa andalkan.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Wifimu, Startup Yang Ingin Mempermudah Akses Wifi Kecepatan Tinggi dan Promosi via Sosial Media

Baca selengkapnya di --> Wifimu, Startup Yang Ingin Mempermudah Akses Wifi Kecepatan Tinggi dan Promosi via Sosial Media



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment